SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (SESAMA MANUSIA)

Selasa, 20 Desember 2011

Hasil Cuplikan Pengalaman Pribadi Prof. Dr. H. M. Surya


INOVASI YANG TERANGKUM
DALAM CUPLIKAN PENGALAMAN PRIBADI
 PROF. DR. H.M. SURYA

Hari ini adalah hasil dari pembelajaran dan pengalaman masa yang lalu (sejarah) tidak akan terjadi suatu kegiatan (prestasi) hari ini jika tidak ada pengalaman, perjalanan masa yang lalu. Pengalaman adalah guru terbesar dalam kehidupan sesuai dengan pribahasa asing “Experimen is the best a teacher”  .  Hari kemarin adalah pengalaman (sejarah), Hari ini adalah kenyataan (perjalanan yang harus ditempuh dengan sebaik-baiknya perjalanan), dan Hari esok adalah pengharapan (rencana, cita-cita, tujuan)
Pengalaman dari perjalanan seorang guru yang sekarang  menjadi Ketua Umum PGRI Republik Indonesia sangatlah menarik, karena berbagai macam cara, strategi telah disampaikan dan di laksanakan untuk menjadikan siswa-siswinya mempunyai nilai lebih tidak hanya dari segi intelegensi tetapi dari karakter output dalam bersosialisasi dengan temannya, gurunya, keluarganya sampai kepada masyarakat luas.
Hal-hal yang dapat saya petik dan dapat saya ambil suatu pelajaran dari perjalanan hidup Prof. Dr. H. M. Surya dari Inovasi-inovasi yang telah diberikan kepada anak didiknya saya simpulkan sebagai berikut :
1.      Dalam perjalanannya banyak sekali inovasi-inovasi yang telah diberikan, disampaikan kepada anak didiknya.
2.      Dalam hal inovasi atau terobosan cara/metode yang baru dalam penerapan  ke peserta didik, tentunya harus sangat dipikir secara matang-matang apakah ada efek yang negatif, karena dari cuplikan pengalaman yang telah saya baca, ternyata inovasi pun tidak hanya menyuruh kepada anak(dari cara/metode belajar yang baru), tetapi apakah aka nada efek yang sifatnya negative.
3.      Dari cuplikan pengalaman tersebut, walaupun ada keliru dalam penerapannya (inovasi yang kurang di pikirkan secara mendalam) ada saja efek manfaatnya, walaupun ada yang menjadi korban, tetapi korban itu akhirnya bias diperbaiki lebih baik lagi dari sebelumnya (kuburan yang diambil batu batanya).
4.      Proses pembelajaran dari pencetakan karakter bagi peserta didik dari cuplikan itu, banyak sekali manfaatnya, baik untuk siswa sendiri, sekolah sampai masyarakat luas. Dari barang sampah (yang tidak diperlukan lagi kemanfaatannya, ternyata bisa menjadi bermanfaat sekali untuk kehidupan social masyarakat.
5.      Inovasi (sesuatu yang baru) yang telah dilaksanakan oleh Prof. Dr. Surya ternyata sudah dilaksanakannya terlebih dahulu sebelum program-program dari pemerintah muncul. Misalnya CBSA dan lain sebagainya.