SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (SESAMA MANUSIA)

Selasa, 20 Desember 2011

Makalah Laporan Hasil Study banding Madrasah Pembangunan UIN Jakarta


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Perkembangan dalam pendidikan semakin maju dengan berjalannya waktu, baik dari segi kurikulum, metode, sampai kepada pembentukan karakter sesuai dengan perkembangan zaman di era globalisasi ini. Zaman dahulu pendidikan di Indonesia masih sangatlah jauh dari segi keefektifan kegiatan belajarnya sampai menghasilkan output yang dapat bersaing dalam dunia usaha maupun dunia lainnya.
            Selanjutnya dengan pesatnya perkembangan dari segi pendidikan maka tidaklah mudah untuk menyetarakan apa yang menjadi kebutuhan bagi siswa siswinya dikarenakan masih minimnya penjaminan mutu baik sarana prasarana serta dari sumber daya manusianya. Tidak lepas dari itu pendidikan adalah modal dasar untuk pencetakan kader-kader bangsa yang berwawasan, berilmu, berkarakter, berakhlak, beriman bertaqwa dan lain sebagainya. Oleh karena itu untuk merealisasikan atau menciptakan hal tersebut sangatlah di perlukan suatu pembaruan, perubahan, membuka paradigma baru dalam memberikan input dan menghasilkan output yang sesuai dengan tujuan dari apa yang menjadi visi misinya.
            Oleh karena itu untuk menjawab semuanya maka haruslah memberikan suatu inovasi dalam pendidikan dengan tujuan untuk menghasilkan output yang efektif dan efisien sesuai dengan perkembangan zaman sehingga kesannya tidak berjalan di tempat ( tidak adanya perubahan yang signifikan dalam pencapaian tujuan dari visi dan misinya)
            Dari latar belakang diatas maka penyusun akan membahas tentang program (inovasi) apa saja dan manajemen yang ada pada Madrasah Pembangunan UIN Jakarta.

B. Rumusan Masalah
1. Apa ada inovasi yang dilakukan ?
2. Apa saja inovasi (Program) yang dilakukan?
3. Bagaimana dalam pelaksanaan inovasi (Program) dalam mencapai tujuan (visi      
     misi) dengan sarana prasarana yang ada?
C. Batasan Masalah
1. Meneliti/membahas Madrasah Pembangunan UIN Jakarta.
D. TUJUAN
1. Untuk mengetahui inovasi (Program) yang dilakukan atau dilaksanakan?
2. Untuk mengetahui apa saja Inovasi (program-program)  yang telah berjalan?
3. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaannya dan hasil yang dicapai?




BAB II
PEMBAHASAN (LAPORAN HASIL KUNJUNGAN)
MADRASAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA
A. Sejarah Singkat Madrasah Pembangunan UIN Jakarta
Madrasah Pembangunan lahir berawal dari keinginan tokoh-tokoh di Departemen Agama dan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan adanya pendidikan Islam yang representatif. Pada awal tahun 1972, Panitia Pembangunan Gedung Madrasah Komprehensif dibentuk oleh Rektor IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. H.M. Toha Yahya Omar (alm).
Bulan Juni 1972, bertepatan dengan Lustrum III IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dimulai pembangunan gedung madrasah yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Agama RI pada masa itu, yaitu Prof. H.A. Mukti Ali dan Rektor IAIN Syarif Hidayatullah. Tanggal 17 November 1973, gedung madrasah diserahterimakan dari Pimpinan Bagian Proyek Pembinaan Bantuan Untuk Madrasah Swasta Pemda DKI Jakarta kepada IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tahun 1974, pertama kali Madrasah Pembangunan membuka tingkat Ibtidaiyah. Jumlah muridnya baru 58 orang, terdiri dari Kelas I: 43 orang, Kelas II: 8 orang, dan Kelas III: 7 orang. Permulaan kegiatan belajar mengajar dimulai pada tanggal 7 Januari 1974. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai "Hari Kelahiran" Madrasah Pembangunan.
Pada awal tahun 1977, Madrasah Pembangunan membuka tingkat Tsanawiyah. Siswa angkatan pertama berjumlah 19 orang. Bulan Juli 1991, dibuka kelas jauh tingkat Ibtidaiyah di Pamulang, bekerja sama dengan Yayasan Al Hidayah sebagai penyedia lahan. Sesuai dengan keputusan Rektor IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sejak awal September 1974 pembinaan Madrasah Pembangunan dilaksanakan oleh Tim Pembinaan yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Tarbiyah. Tugas tim ini di antaranya adalah menyiapkan Madrasah Pembangunan sebagai 'madrasah laboratorium' Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Pada tahun 1978, Madrasah Pembangunan ditetapkan sebagai Madrasah Pilot Proyek Percontohan oleh Departemen Agama RI melalui Surat Keputusan Dirjen Bimas Islam Depag RI Nomor: Kep/D/03/1978. Berdasarkan keputusan tersebut, kemudian diselenggarakan kegiatan penataran penulisan modul dan uji coba pembelajaran dengan sistem modul. Empat modul bidang studi Alquran Hadits, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Matematika telah diujicobakan sampai dengan tahun 1985. Mulai tahun 1988, berdasarkan Surat Keputusan Rektor IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta Nomor: 06 Tahun 2008, wewenang pembinaan dan pengelolaan Madrasah Pembangunan dilipahkan kepada Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta.
Pengembanan sebagai 'madrasah laboratorium' dilaksanakan bersama-sama dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tahun Pelajaran 1991/1992 Madrasah Pembangunan membuka tingkat Aliyah. Siswa yang diterima pertama kali sebanyak 32 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 22 perempuan. setelah empat tahun berjalan, berkenaan dengan kebijakan pemerintah dalam hal pendidikan (khususnya Madrasah Aliyah), pada Tahun Pelajaran 1995/1996 MA Pembangunan tidak menerima pendaftaran siswa baru lagi. Tahun 1996/1997, sebanyak 31 orang siswa terakhir lulus dari MA Pembangunan IAIN Jakarta. Seiring dengan perubahan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, sejak tahun 2002 Madrasah Pembangunan IAIN Jakarta mengikuti perubahan nama menjadi Madrasah Pembangunan UIN Jakarta.
Tahun Pelajaran 2006/2007 atas dorongan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan banyaknya permintaan masyarakat, Madrasah Pembangunan UIN Jakarta kembali membuka tingkat Aliyan. Jumlah siswa pertama yang diterima adalah 47 siswa terbagi dalam 2 rombongan belajar. Setelah tiga tahun berjalan, akhir tahun 2009 Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta telah diakreditasi dengan hasil grade A kategori Sangat Memuaskan. Tahun 2008 Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta ditetapkan sebagai Madrasah Standar Nasional oleh Kanwil Departemen Agama Provinsi DKI Jakarta dengan nomor: Kw.09.4/4/5/HK.005/2081/2008
B. Tokoh-Tokoh Pendiri Madrasah Pembangunan
Madrasah Pembangunan lahir tidak lepas dari jasa-jasa para pendiri yang pada masa itu sebagai pejabat di lingkungan Departemen Agama maupun IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, antara lain:
  • Drs. H. Kafrawi Ridwan, MA (Direktur Perguruan Tinggi Departemen Agama dan Wakil Rektor III IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  • Prof. Dr. HAR Partosentono (Wakil Rektor I IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  • Drs. H. Husen Segaf, MA (Wakil Rektor II IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  • Drs. H. Bakar Yakob (Ketua Jurusan Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  • Drs. H. Agustiar, MA (Ketua Jurusan Pedagogik, Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  • Drs. H.A. Muzakir (Kasubid II Direktorat Pendidikan Depertemen Agama)
  • Drs. H.M. Ali Hasan (Kepala Seksi Pembina Tenaga Guru dan Pengawas Subdit V Direktorat Pendidikan Agama Depertemen Agama)
C. Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Madrasah Pembangunan UIN Jakarta sesuai dengan Keputusan Ketua Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta Nomor 04 Tahun 2007 adalah sebagai berikut:

1. Direktur Dan Wakil Direktur

  • Direktur merupakan unsur pelaksana sebagian tugas pokok dan fungsi yayasan yang berada di bawah yayasan. Ia bertugas mengkoordinir dan memimpin pelaksanaan pendidikan, pengajaran, pernelitian, pengembangan dan jaminan mutu, sistem informasi, dokumentisi dan publikasi, pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan, pembinaan keiswaan, tenaga administrasi serta hubungan dengan lingkungannya.
  • Dalam melaksanakan tugasnya Direktur dibantu oleh seorang Wakil Direktur yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur. 

2. Madrasah Ibtidaiyah

  • Dipimpin oleh seorang Kepala Madrasah Ibtidaiyah dan dibantu oleh empat orang Wakil Kepala Madrasah, yaitu Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik dan Kurikulum, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan I (kelas IV - VI), Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan II (Kelas I - III), dan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan III (Kelas Jauh/Pamulang).
  • Kepala Madrasah Ibtidaiyah bertugas mengkoordinir dan melaksanakan pendidikan dan pengajaran tingkat Ibtidaiyah, pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan, pembinaan kesiswaan serta pengabdian kepada masyarakat. Ia bertanggung jawab langsung kepada Direktur.

3. Madrasah Tsanawiyah

  • Dipimpin oleh seorang Kepala Madrasah Tsanawiyah dan dibantu oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik dan Kurikulum dan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaa.
  • Kepala Madrasah Tsanawiyah bertugas mengkoordinir dan melaksanakan pendidikan dan pengajaran tingkat Tsanawiyah, pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan, pembinaan kesiswaan serta pengabdian kepada masyarakat. Ia bertanggung jawab langsung kepada Direktur.

4. Madrasah Aliyah

  • Dipimpin oleh seorang Kepala Madrasah Aliyah dan dibantu oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik dan Kurikulum dan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaa.
  • Kepala Madrasah Aliyah bertugas mengkoordinir dan melaksanakan pendidikan dan pengajaran tingkat Aliyah, pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan, pembinaan kesiswaan serta pengabdian kepada masyarakat. Ia bertanggung jawab langsung kepada Direktur.

5. Pusat Litbang Dan Jaminan Mutu

  • Merupakan unsur pelaksana sebagian tugas Madrasah Pembangunan dalam bidang penelitian, pengembangan dan jaminan mutu yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Dalam melaksanakan tugasnya dipimpin oleh seorang Kepala yang membawahi kelompok tenaga ahli.
  • Pusat ini bertugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, pengembangan dan pemberian bimbingan teknis, supervisi, evaluasi dan akreditasi internal di bidang penelitian, pengembangan, dan jaminan mutu.

6. Pusat Informasi, Dokumentasi Dan Publikasi

  • Merupakan unsur pelaksana sebagian tugas Madrasah Pembangunan dalam bidang informasi, dokumentasi dan publikasi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Dalam melaksanakan tugasnya dipimpin oleh seorang Kepala yang membawahi kelompok tenaga ahli.
  • Pusat ini bertugas melaksanakan sistem informasi, dokumentasi, dan publikasi.

7. Perpustakaan

  • Merupakan unit pelaksana teknis di bidang perpustakaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Dalam melaksnakan tugasnya dipimpin oleh seorang Kepala yang membawahi sekelompok pustakawan.
  • Perpustakaan bertugas melaksanakan layanan bahan pustaka untuk pendidikan dan pengajaran.

8. Laboratorium

  • Merupakan unit pelaksana teknis di bidang laboratorium yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Dalam melaksnakan tugasnya dipimpin oleh seorang Kepala yang membawahi sekelompok laboran.
  • Laboratorium bertugas melaksanakan layanan penunjang pelaksanaan pendidikan dan pengajaran keagamaan, bahasa, serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

9. Bagian Tata Usaha

  • Merupakan unsur pembantu pimpinan dalam bidang administrasi pendidikan dan pengajaran, kesiswaan dan alumni, perencanaan, keuangan, kepegawaian serta umum dan humas yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur.
  • Bagian tata usaha dipimpin oleh seorang Kepala Bagian dan bertugas memberikan layanan administrasi pendidikan dan pengajaran, kesiswaan dan alumni, perencanaan, keuangan, kepegawaian, serta umum dan humas.
  • Bagian tata usaha terdiri atas Sub Bagian Administrasi Pendidikan dan Pengajaran, Sub Bagian Administrasi Keuangan dan Kepegawaian, serta Sub Bagian Administrasi Umum dan Humas.

D. Visi:

Menjadi lembaga pendidikan dasar dan menengah yang unggul dan terkemuka dalam pembinaan keislaman, keilmuan dan keindonesiaan, dengan mengapresiasi potensi peserta didik serta perkembangan era global.

E. Misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah yang akan melahirkan lulusan beriman dan bertaqwa serta memiliki kemampuan kompetitif  dan keunggulan komparatif;
  • Melakukan pembinaan kesehatan fisik sehingga terbentuk keseimbangan antara kekuatan keilmuan dengan perkembangan jasmani peserta didik serta dapat melahirkan lulusan yang cerdas, kuat dan sehat;
  • Melakukan inovasi kurikulum dengan aksentuasi pada pembinaan keislaman, sains dan teknologi serta apresiatif terhadap kecenderungan globalisasi dengan tetap berpijak pada kepribadian Indonesia;
  • Melakukan pembinaan tenaga pendidik sebagai tenaga professional yang menguasai aspek keilmuan, keterampilan mengajar, kepribadian pedagogis serta komunikasi global yang dijiwai akhlak mulia;
  • Melakukan pembinaan tenaga kependidikan yang profesional, yang menguasai bidang ilmu yang mendukung tugasnya, etos kerja yang tinggi, serta kepribadaian yang Islami.
  • Mengupayakan tersedianya sarana prasarana dan fasilitas belajar mengajar yang dapat memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk dapat mengikuti kegiatan belajar seluas-luasnya, sehingga madrasah benar-benar berfungsi sebagai pusat pembelajaran.
  • Melakukan pembinaan kemandirian dan team work melalui berbagai aktifitas belajar baik intra maupun ekstrakurikuler.

F. Pilar Keunggulan:

Sains - Bahasa - Akhlakul Karimah (Basic Science - Language - Islamic Values and Attitudes)

G. Motto:

Cerdas - Terampil – Unggul (Smart - Skillful - Excellent)

H. Selogan Mutu:

Bukan Sekedar Sekolah Islam (More Than Just an Islamic School)

I. Pendidik Tingkat Aliyah



1
H. Darul Janin, S. Ag
Reni Jaya Blok A 1  5/2 RT 04/08 Pamulang Barat
2
Iqbal Muhammad
Jl. Dr. Setia Budi No. 50 RT 02/02 Pamulang Timur
3
Drs. Samingan
Jl. Masjid Attauhid   RT 03/12 No. 06 Kedaung-Pamulang
4
Dra. Hj. Sumarji
Serua Poncol RT 02/06 No. 5 Sawah Baru Ciputat
5
Ade Masturi, MA.
Jl. Puri Intan IV No. 3 RT 04/08 Pisangan
6
Zakariya, S.Pd.I
Jl. WR. Supratman Blok G7 Villa Cendana RT 06/08 Kp. Utan Ciputat
7
Eny Rosyidatun, S.Si., Ma.
Komp. UIN Jl. Ibnu Rusd III/193 Pisangan Ciputat
8
Tonih Feronika, M.Pd.
Jl. Abd. Gani 19 RT. 02/02 Cempaka Putih Ciputat
9
Iwan Permana S, M.Pd.
Komp. Batan No. 2 Legoso Pisangan Ciputat
10
Dini Andriany, SS.
Jl. Arya Putra Perumaham Arya Graha Blok D 15-A Kedaung Ciputat
11
Dra. Tri Sunarsih
Jl. Kavling Keuangan Raya 37 Kedaung Ciputat
12
Wage Wardana, S.Pd.
Jl. Tanah Merdeka Gang Asgo II RT 16/03 No. 20 Kel. Rambutan Ciracas Jaktim
13
Isma Maryam, S.Pd.
Komp. Reni Jaya Jl. Bratasena VI BC 5/B Pondok Benda Tangerang
14
A. Shohibul Wafa ZA., S.Pd.
Jl. Arya Putra Gang Swadaya RT 09/10 No, 2 Kedaung Pamulang
15
Fitriyuni Miralda S, S.Pd.
Jl. Betet Blok A-1 No. 31 Permata Pamulang
16
Tri Harjawati, S.Pd., M.Si
JL. Katelya Raya A5 2 No. 25 RT 03/14 Jati Sampurna Bekasi
17
Wahyu Ramdani, S.Pd.
Kp. Pasirganas RT 01/10 Karanganyar Leuwigoong Garut
18
Putri Nuryani, S.Pd.
Jl. Ciputat Raya Gang H. Saimin Pd. Pinang 70 RT 05/01 Keb. Lama
19
Denden Permana Sidik
Jl. Sapta Taruna Flat I/1 Lantai 4 Pd. Pinang Kebayoran Lama
20
Zaki Mubarak, S.Pd.
Jl. Al Mubarak II RT 02/10 No. 22 Jakarta Selatan
21
Nidya Khoerina, S.Pd.
Jl. Delima Jaya IV No. 8 RT 03/07 Rempoa Ciputat


J. Kurikulum

         Kurikulum Madrasah Pembangunan UIN Jakarta adalah Kurikulum Departemen Agama yang dipadukan dengan Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional dan dioleh sesuai dengan visi dan misi Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. Dengan demikian, siswa MP UIN Jakarta akan mendapatkan porsi pendidikan agama seperti siswa madrasah (Depag) dan mendapatkan pelajaran umum seperti siswa sekolah umum (Depdiknas).
         Dengan penerapan dua kurikulum yang dikombinasi dan dimodifikasi itulah diharapkan lulusan MP UIN Jakarta akan mendapatkan ilmu pengetahuan umum yang berimbang dengan keimanan dan ketaqwaan (menguasai ilmu pengetahuan yang luas sekaligus dekat kepada Allah SWT, Tuhan Yang Mahaesa).
Program penanaman dan pemantapan nilai-nilai keagamaan sejak dini kepada siswa senantiasa terus ditingkatkan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara-cara antara lain: membaca do'a dan ayat-ayat suci Alquran pada awal jam pelajaran pertama, shalat Dhuha, shalat berjama'ah, dan praktek-praktek ibadah lainnya. Diharapkan anak akan terbiasa dan terlatih untuk melaksanakan ibadah sehingga ibadah tidak lagi menjadi beban, tetapi akan menjadi satu kebutuhan.
         Dalam rangka pengembangan bakat dan minat serta mempersiapkan siswa dalam menghadapi perkemabangan zaman yang santer dengan arus globalisasi, maka diadakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah penyalurannya. Keterampilan mengoperasikan komputer, penelitian, kepemimpinan, jurnalistik, sosial kemasyarakatan, olah raga, seni, dan kegiatan positif lain yang dapat dijadikan bekal dalam jenjang selanjutnya menjadi target terselenggaranya kegiatan ekstrakurikuler. Siswa diberi kebebasan untuk memilih dan mengikuti sedikitnya satu dari sekian banyak kegiatan ekstrakurikuler.

K. Fasilitas

         Pendidikan yang bermutu harus ditunjang dengan fasilitas yang mendukung. Untuk itulah Madrasah Pembangunan UIN Jakarta senantiasa berupaya untuk menyediakan fasilitas baik untuk keperluan pendidikan secara langsung maupun fasilitas-fasilitas pendukung, antara lain:
  • Gedung yang permanen dengan halaman yang luas dan asri
  • Ruang belajar ber-AC
  • Laboratorium Matematika dan IlmuPengetahuan Alam (MIPA)
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Bahasa
  • Over Head Projector (OHP) di setiap kelas (tingkat Tsanawiyah)
  • Audio Visual
  • Perpustakaan dengan jumlah koleksi buku lebih dari 9.000 judul
  • Masjid
  • Sarana futsal
  • Sarana basket
  • Sarana tenis meja
  • Sarana musik (alat dan sound system)
  • Antar jemput
  • Lapangan parkir
  • Petugas keamanan (Satpam)
  • Lokasi nyaman, aman dan strategis (di dalam kompleks)
L.Ekstrakurikur


         Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan bagi siswa-siswi Aliyah antara lain adalah :
  • Kelompok Ilmiah Remaja
  • Basket
  • Futsal
  • Taekwondo
  • Wall Climbing
  • Student Company
  • Marching Band
  • Kelompok Musikalisasi Puisi
          Sarana lain yang disediakan untuk menampung minat siswa dalam olah raga dan seni antara lain:
  • Lapangan skate board
  • Perlengkapan Marching Band
  • Ruang musik dan Perlengkapannya
  • Lapangan Futsal
  • Lapangan Basket
  • Wall Climbing (bekerjasama dengan Mapala UIN)
M. Prestasi

         MA Pembangunan UIN Jakarta dibuka pada tahun pelajaran 2006/2007. Berikut adalah prestasi yang diraih:

  • Juara I Cerdas Cermat Matematika SLTA se-Jabodetabek, UIN Syarif Hidayatullah (2011)
  • Semifinalis Jajak Pendapat Statistika Tingkat SLTA, Institut Pertanian Bogor (2011)
  • Juara III Debating English SLTA se-Jabodetabek, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2011)
  • Terpilih Anggota Paskibra Perwakilan Kantor Kemenag Kota Jakarta Selatan (2011)
  • Peserta Program Pertukaran Pelajar ke Jepang (2008, 2009, 2010, 2011)
  • Juara I Musikalisasi Puisi se Jabodetabek, Pusat Bahasa Kemendiknas (2010)
  • Juara III News Reading se-Jabodetabek, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2009)
  • Juara I Musikalisasi Puisi SLTA se-Jabodetabek, Pusat Bahasa Depdiknas (2009)
  • Juara I Science Fair tingkat SLTA se-Jabodetabek, Labschool Cinere (2008)
  • Juara I Pidato tingkat SLTA se-Tangerang Selatan, Masjid Fathullah UIN Jakarta (2008)
  • Juara I Musikalisasi Puisi tingkat SLTA se-Jabodetabek, UNISMA Bekasi (2008)
  • Juara I Musikalisasi Puisi tingkat SLTA se-DKI Jakarta, Pusat Bahasa Depdiknas (2008)
  • Juara I Musikalisasi Puisi antar pelajar se-Jabodetabek, UNAS Jakarta (2008)
  • Juara II dan III English Knowledge tingkat SLTA se-Jabodetabek, Labschool Cinere (2008)
  • Juara II dan Juara Favourit Remaja Ceria se-Tangerang, Kota Tangerang (2008)
  • Juara III Musikalisasi Puisi antar pelajar SLTA tingkat Nasional, Pusat Bahasa Depdiknas (2008)
  • Juara II Lomba Penulisan Cerpen Islami tingkat SLTA se-Tangsel, SMAN I Ciputat (2008)
  • Juara II Musikalisasi Puisi tingkat SLTA se-Jabodetabek, UNISMA Bekasi (2007)
  • Juara III Futsal tingkat SLTA se-Jabodetabek HUT 32 MP UIN Jakarta (2007)
  • Juara III Lomba Musikalisasi Puisi SMP - SMA se-Jabodetabek, Pusat Bahasa Depdiknas (2006)
  • Peringkat 10 besar Lomba bidang studi Matematika Tingkat SLTA se-Jabodetabek (2006)
  • Peserta Diskusi Antar Pelajar Lintas Kultur di Jakarta (2006)


BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
            Dari semua yang telah dipaparkan dalam pembahasan hasil penelitian kunjungan ke Madrasah Pembangunan UIN Jakarta adalah sebagai acuan atau suatu referensi dalam membangun pendidikan dengan penuh program, inovasi yang telah dilakukan dan dilaksanakan sampai sekarang ini yang hasilnya sangat memuaskan dari output (siswa lulusan) yang ada.
            Selanjutnya dari berbagai macam metode, program, kurikulum, ekstrakurikuler dan lain sebagainya dapat kita terapkan di masing-masing lembaga / Instansi Pendidikan guna mencapai tujuan dari apa yang kita inginkan ( visi misi), tentunya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing lembaga dengan tidak terlalu memaksakan, karena sesuatu yang dipaksakan (tidak sesuai dengan keadaan/pembiayaan, sarana prasarana dan lain sebagainya) maka hasilnya akan kurang baik dan kurang optimal sehingga akan menimbulkan persoalan yang baru. Intinya berfikir dan teruslah berinovasi selama itu bias dilaksanakan dan dapat berjalan sesuai dengan keinginan dan kemampuan masing-masing lembaga.