SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (SESAMA MANUSIA)

Rabu, 02 November 2011

Pemimpin-pemimpin Besar dari Dinasti Bani Umayyah dan Keberhasilan yang Dicapai


Pemimpin-pemimpin Besar dari Dinasti Bani Umayyah dan Keberhasilan yang Dicapai


1     mu`awiyah ibn abi sufyan     661-680 M

Dizaman Mu`awiah,Uqbah Ibn Nafi` menguasai Tunis, kota Qairawan kemudian menjadi salah satu pusat kenudayaan islam.Disebelah Timur Mu`awiah dapat memperoleh daerah Khurasan sampai ke sungai Oxus dan Afghanistan sampai ke Kabul.Angkatan lautnya mengadakan serangan – serangan ke Bizantium,Konstantinopel.

2     Abd  Al-malik Ibn Marwan       685-705 M
Dizaman Abd Al – Malik ekspansi ke Timur diteruskan olehnya, dapat menundukan Balkh,Bukhara,Khawarizm,Ferghana dan Samarkand.Tentaranya juga sampai ke India menguasai Balukhistan, Sind dan daerah Punjab sampai ke Multan.

3     Al –Walid Ibn Al-Malik       705-715 M
Dizaman  Al – Walid Ibn  Al – Malik ekspansi dilakukan ke Barat, menyerang Jazair dan Marokko, setelah tentara Spanyol ditundukkan maka Spanyol menjadi daerah Islam. 
 
4     Umar Ibn AL-Aziz      717-720 M
Dizaman Umar Ibn Al – Aziz, melakukan penyerangan ke Bordeau, Poitiers,dan Tours, tetapi diantara kedua kota ini, Ia ditahan oleh Charles Martel, sesudah itu masih juga melakukan  penyerangan ke Avignon dan Lyons

5      Hisyam Ibn  Abd AL-Malik      705-715 M
Perubahan bahasa administrasi dari bahasa Yunani dan Pahlawi ke bahasa Arab dimulai pada masa Abd Al – Malik , selain itu Ia juga mengubah mata uang yang dipakai daerah – daerah yang dikuasai Islam




PemimpinPemimpim Besar dari Dinasti Bani Abbasiyyah dan Keberhasilan yang Dicapai


1     Al – Mansur     754 – 755 M
Dalam menghancurkan lawan Al– Mansur tidak segan – segan membunuh sekutu yang  membawa keluarganya pada kekuasaan. Dalam mempertahankan kekuasaan Bani Abbas, Al – Mansur memakai kekerasan. Dalam soal pemerintahan Al – Mansur mengadakan tradisi baru dengan mengangkat wazir yang membawahi kepala Departmen.

2     Al – Mahdi      775 – 785 M
, berasDimasanya perekonomian mulai meningkat, pertanian mulai ditingkatkan dengan mengadakan irigasi dan penghasilan gandum, beras dan zaitun bertambah.Hasil pertambangan pun berkembang,dagang transit antara Timur dan Barat juga membawa kekeyaan, Basrah menjadi pelabuhan M yang penting.

3     Harun Al – Rasyid     785 – 809 M
Ia adalah Raja besar dizaman itu . Kekayaan yang banyak dipergunakan untuk kepentingan social.pemandian – pemandian umum didirikan, Rumah sakit didirikan, pendidikan dokter dipentingksn, dan farmasi dibangun, diceritakan   bahwa Baghdad mempunyai 8000 dokter.

4     AL– Ma`mun      813 – 833 M
Al Ia meningkatkan perhatian pada ilmu pengetahuan, dimasanya Baghdad mulai menjadi pusat kebudayaan dan ilmu pengetahuan.

5     Al – Mutawakkil      847 – 861 M
Merupakan Khalifah besar terakhir dari Dinasti Bani Abbas.Khalifah – khalifah yang sesudahnya pada umumnya lemah – lemah dan tidak dapat melawan kehendak tentara pengawal dan sultan-sultan yang kemudian dating menguasai ibu kota.