SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (SESAMA MANUSIA)

Rabu, 02 November 2011

User manual Mts

User Manual
Aplikasi MTs
Buku panduan atau pedoman untuk mengoperasikan aplikasi
berbasis web Madrasah Tsanawiyah
Bagian Perencanaan dan Sistem informasi
Setditjen Pendidikan Islam
KEMENAG RI
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman i
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN ........................................................................................ 1
BAB II PENGENALAN APLIKASI ........................................................................... 2
II.1. Aplikasi MTs .................................................................................... 2
II.1.1. Tambah/Ubah Data ............................................................... 5
II.1.2. Tahun Statistik ...................................................................... 8
II.1.3. Detail Lembaga ..................................................................... 9
II.1.3.1. Data Umum ............................................................ 9
II.1.3.2. Data Kesiswaan ....................................................... 12
II.1.3.3. Data Keuangan ........................................................ 14
II.1.3.4. Data Sarana dan Prasarana ...................................... 17
II.1.3.5. Data Kurikulum dan Kegiatan .................................... 24
II.1.4. Detail Siswa .......................................................................... 26
II.1.5. Detail Personal Guru/Non-Guru .............................................. 32
II.1.5.1. Ubah NIP/Nomor Karyawan ...................................... 46
II.1.6. Ubah Nomor Statistik ............................................................ 46
BAB III PANDUAN PENGISIAN FORMULIR ............................................................ 47
III.1. Pengisian Username dan Password pada jendela Login pada aplikasi .... 47
III.2. Pengisian pada jendela Pengaturan .................................................. 47
III.3. Pengisian Formulir Data Umum Lembaga .......................................... 48
III.3.1. Data Identitas ..................................................................... 48
III.3.2. Data Lokasi ......................................................................... 49
III.3.3. Data Personel ...................................................................... 50
III.4. Pengisian Formulir Data Kesiswaan ................................................... 51
III.4.1. Nilai Siswa .......................................................................... 51
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman ii
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
III.4.2. Data Siswa .......................................................................... 51
III.4.2.1. Tabel 1. Keadaan Siswa Akhir Tahun Pelajaran
Sebelumnya ....................................................... 51
III.4.2.2. Tabel 2. Mutasi Siswa Tahun Pelajaran Saat ini . ...... 51
III.4.2.3. Tabel 3. Asal Siswa VII Tahun Pelajaran Saat ini ...... 51
III.4.2.4. Tabel 4. Keadaan Siswa Tahun Pelajaran Saat ini . 52
III.4.2.5. Tabel 5. Siswa Berdasarkan Usia, Kelas dan
Jenis Kelamin ..................................................... 52
III.4.2.6. Tabel 6. Jumlah Siswa dan Rombel Menurut
Waktu Belajar ..................................................... 52
III.4.3. Keberadaan Lulusan Siswa Dari Kelas IX ................................ 53
III.4.4. Data Orangtua Siswa ........................................................... 53
III.4.4.1. Pendidikan Orangtua Siswa ................................... 53
III.4.4.2. Pekerjaan Orangtua Siswa ..................................... 53
III.4.4.3. Penghasilan Orangtua Siswa ................................. 53
III.5. Pengisian Formulir Data Keuangan ................................................... 54
III.5.1. Data Keuangan .................................................................... 54
III.5.1.1. Sumber Pendanaan ............................................... 54
III.5.1.2. Data Keuangan ..................................................... 54
III.5.1.3. Kebutuhan tambahan ........................................... 55
III.5.2. Data Bantuan dan Beasiswa ................................................ 55
III.6. Pengisian Formulir Sarana dan Prasarana .......................................... 56
III.6.1. Data Tanah ......................................................................... 56
III.6.2. Data Bangunan .................................................................... 56
III.6.3. Data Mebel .......................................................................... 57
III.6.4. Data Administrasi ................................................................. 57
III.6.5. Data Olahraga ..................................................................... 57
III.6.6. Data Sumber Air dan Penerangan ......................................... 57
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman iii
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
III.6.7. Data Perlengkapan Laboratorium .......................................... 57
III.6.8. Data Penunjang .................................................................... 57
III.6.9. Data Fasilitas Keterampilan ................................................... 57
III.6.10. Data Kebutuhan Tambahan ................................................ 57
III.6.11. Data Bantuan Sarana Prasarana ........................................... 57
III.7. Pengisian Formulir Data Kurikulum dan Kegiatan ............................... 58
III.7.1. Data Kurikulum .................................................................... 58
III.7.2. Perpustakaan ...................................................................... 58
III.8. Pengisian Formulir Detil Personal Pegawai ......................................... 58
III.8.1. Data Identitas/Pribadi Pegawai ............................................. 58
III.8.2. Riwayat Status Kepegawaian ................................................ 60
III.8.3. Riwayat Pendidikan Umum ................................................... 60
III.8.4. Riwayat Pesantren ............................................................... 61
III.8.5. Riwayat Penataran ............................................................... 61
III.8.6. Riwayat Sertifikasi ............................................................... 61
III.8.7. Riwayat Penugasan Utama ................................................... 61
III.8.8. Riwayat Tugas Tambahan di RA/Madrasah Utama ................... 62
III.8.9. Riwayat Tugas Mengajar di Lembaga Lainnya ........................ 62
III.8.10. Riwayat Tugas Tambahan di Lembaga Lainnya ..................... 62
III.8.11. Penugasan Non-Guru ......................................................... 63
III.9. Pengisian Formulir Detil Siswa .......................................................... 63
III.9.1. Data Identitas Pribadi Siswa ................................................. 63
III.9.2. Data Identitas Orangtua/Wali Siswa ...................................... 63
III.9.3. Data Aktivitas Belajar Siswa .................................................. 64
III.9.4. Data Pendidikan Lain ........................................................... 64
III.9.5. Data Beasiswa ..................................................................... 64
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman iv
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
III.9.6. Data Prestasi ....................................................................... 65
III.9.7. Data Status Aktif dan Non-Aktif ............................................. 65
BAB IV PENUTUP ............................................................................................... 66
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 1
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
BAB I
PENDAHULUAN
Sebelum menggunakan aplikasi ini, sebaiknya pengguna mengetahui dulu tampilan dan
fungsi dari tabel/grid identitas lembaga yang dipergunakan. Adapun penjelasan mengenai
tabel/grid identitas lembaga tersebut adalah sebagai berikut:
Gambar I-1. Grid
Jumlah Baris
Per Halaman
Jumlah Data
Refresh Data
Tambah Data
Pencarian
cepat
Pencarian
khusus
Klik untuk
urutkan data
Membuka Halaman
Sebelumnya
Membuka Halaman
Selanjutnya
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 2
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
BAB II
PENGENALAN APLIKASI
II.1 APLIKASI MTs
Aplikasi MTs merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memasukan data-data yang
berkaitan dengan MTs. Sebelum anda dapat membuka tampilan aplikasi MTs, perlu
diingat bahwa aplikasi ini adalah aplikasi berbasis web, sehingga untuk membukanya
dibutuhkan software penjelajah internet (browser) seperti Mozilla Firefox, Google
Chroom, Internet Explore dan lain-lain. Namun perlu diingat, untuk jenis browser yang
disarankan yang compatible dengan aplikasi ini adalah Mozilla Firefox.
Untuk memulainya silahkan buka browser anda sehingga akan terlihat tampilan
seperti gambar berikut ini:
Gambar II-1. Tampilan default browser Mozilla Firefox
Tampilan jendela default browser Mozilla Firefox tergantung dari setting standart dari
browser anda (tidak harus seperti diatas, bisa jadi blank atau kosong). Kemudian
setelah itu silahkan ketikan di bar address seperti gambar berikut ini:
Gambar II-2 Lokasi bar address pada browser
Pada bar address tersebut silahkan ketikan alamat berikut ini:
http://emispendis.kemenag.go.id/. Setelah alamat tersebut diketikan lalu
silahkan tekan tombol enter dari papan ketik (keyboard) komputer anda. Setelah
tombol enter ditekan maka akan terlihat tampilan sebagai berikut:
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 3
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II-2.1. Tampilan awal aplikasi
Pada gambar II-2.1. terlihat gambar tampilan awal aplikasi. Pada gambar tersebut
disediakan untuk aplikasi latihan/untuk keperluan sosialisasi, kemudian ada juga
tampilan untuk input data yang sesungguhnya via online. Untuk keperluan sosialisasi
atau latihan silahkan pilih salah satu antara atau ,
sesuai dengan kategori lembaga yang akan diinput. Untuk RA, Madin, GPAIS,
Pengawas termasuk didalam aplikasi madrasah dan pontren, sementara untuk
Pendidikan Tinggia Agama Islam, aplikasi khusus untuk PTAIN dan PTAIS. Untuk input
data yang sesungguhnya silahkan pilih atau .
Setelah memilih salah satu pilihan aplikasi diatas, maka akan terbuka jendela sebagai
berikut:
Gambar II-3 Tampilan Jendela Log in
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 4
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Silahkan isikan Tingkatan Pengguna, Propinsi, Kabupaten/Kota, Nama Pengguna dan
Kata Sandi berdasarkan pilihan yang tersedia (untuk lebih detail silahkan lihat BAB
III). Selesai mengisi form login tersebut maka silahkan tekan tombol . Setelah
tombol tersebut ditekan maka akan terlihat tampilan seperti gambar berikut ini:
Gambar II-4 Tampilan Jendela Pengaturan
Anda akan masuk kedalam jendela pengaturan. Setelah itu silahkan tekan tombol
. Setelah tombol ditekan maka akan terlihat tampilan
seperti gambar berikut ini:
Gambar II-5 Tampilan Awal Aplikasi MTs
Untuk membuka MTs pada tampilan dibawah ini, Klik kemudian klik
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 5
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
. Tampilan setelah klik MTs akan seperti berikut :
Gambar II-6 Form List Identitas MTs
II.1.1. Tambah/Ubah Data
Proses di dalam aplikasi MTs adalah sebagai berikut, untuk melakukan
penambahan data klik , sedangkan untuk melakukan edit adalah sorot salah
satu data yang akan di edit kemupdian klik .
Untuk mencari apakah lembaga MTs anda sudah ada didalam aplikasi atau
belum kami menyediakan fasilitas cari cepat dengan menekan tombol ,
sehingga ketika tombol tersebut ditekan akan muncul tampilan sebagai berikut
ini:
Gambar II-7 Tampilan Fasilitas Cari Cepat
Pada Tampilan tersebut anda dapat dengan cepat mencari lembaga MTs anda
dengan mengisikan kategori indetitas yang anda inginkan (NSM Baru, NSM
Lama, Nama Lembaga, dan lain-lain). Anda dapat memasukkan lebih dari satu
kategori identitas yang disediakan. Untuk melihat kategori lainnya anda dapat
menggeser scroll bar yang ada dibawah menu tersebut seperti terlihat pada
gambar berikut ini:
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 6
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II-8 Gambar scroll bar Fasilitas Cari Cepat
Selain fasilitas cari cepat anda juga bisa mencari lembaga MTs anda dengan
fasilitas Find Record. Caranya dengan mengklik tombol yang berada di
sebelah kanan tombol fasilitas cari cepat. Ketika tombol ditekan, maka
akan terlihat tampilan seperti gambar berikut ini:
Gambar II-9 Jendela Find Record
Anda dapat mencari lembaga anda dengan memasukkan kategori dari data
yang anda inginkan dengan memilih salah satu kategori misalnya NSM Baru,
NSM Lama, Nama Lembaga, dan lain-lainnya.
Jika anda yakin bahwa data lembaga MTs anda belum tertera di dalam aplikasi,
maka anda dapat menambah data anda dengan fasilitas tambah data. Caranya
dengan menekan tombol , yang berada di sebelah kanan tombol Find
Record. Setelah tombol akan terbuka tampilan jendela data identitas /data
umum yang harus diisi. Data tersebut meliputi NSM Baru, NSM Lama, Nama
Lembaga, NPWP, Nomor Telepon, Alamat, Propinsi, Kabupaten/Kota,
Kecamatan dan sebagainya. Untuk mengisi Propinsi, Kabupaten/Kota,
Kecamatan anda dapat menggunakan fasilitas tombol yang berada di
sebelah kanan masing-masing pertanyaan Propinsi/Kabupaten/Kota/
Kecamatan (Petunjuk Pengisian akan dibahas pada BAB III Panduan Pengisian
Formulir). Tampilan jendela tambah data lembaga akan terlihat seperti gambar
berikut ini:
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 7
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II-10 Form Tambah Aplikasi MTs
Setelah semua data identitas/data umum lembaga diisi dengan sempurna,
maka silahkan tekan tombol . Setelah tombol
di klik maka tampilan akan menjadi sebagai berikut :
Gambar II-11 Gambar List Lembaga
Selain fasilitas tambah data baru, pada aplikasi ini juga disertakan fasilitas edit
data identitas/data umum lembaga MTs. Caranya dengan memilih atau sorot
lembaga yang akan diubah data umumnya/identitasnya pada menu List
lembaga seperti pada Gambar II-10, kemudian menekan tombol . Setelah
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 8
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
tombol ditekan makan terbuka jendela data identitas atau data umum
seperti tampilan gambar II-9. Kemudian setelah merubah data umum atau
data identitas lembaga kemudian tekan tombol . Setelah tombol
ditekan maka akan kembali menuju menu List Lembaga seperti
pada Gambar II-10.
II.1.2. Tahun Statistik
Proses selanjutnya setelah data identitas lembaga terekam di dalam aplikasi,
maka proses selanjutnya adalah mengisi data detail lembaga berdasarkan
Tahun Statistik, caranya dengan menekan tombol . Setelah itu akan
keluar tampilan seperti dibawah ini:
Gambar II-12 Gambar List Tahun Statistik.
Untuk melakukan penambahan tahun statistik kliklah tanda pada
sebelah kiri bawah list tahun statitik.
Gambar II-13 Gambar Form penambahan Tahun Statistik
Setelah disimpan maka akan kembali ke dalam list data tahun statistik.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 9
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
II.1.3. Detail Lembaga
Langkah selanjutnya adalah melakukan pengisian data lembaga secara detail,
yaitu dengan mengklik tanda pada list tahun statistik. Di dalam aplikasi
ini menu yang ada terdiri dari :
Gambar II-14 Daftar Menu Aplikasi MTs.
II.1.3.1. Data Umum
Di dalam menu data umum akan terdiri dari identitas, lokasi dan
personil. Lihat gambar berikut ini:
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 10
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II-15 Form Ubah Data Umum MTs
Setelah data umum di isi (cara input formulir dapat dilihat pada
Bagian III), maka tekan di tombol . Setelah tombol
ditekan, maka form akan berubah atau menuju form
berikutnya yakni form lokasi seperti nampak pada gambar dibawah
ini:
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 11
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II-16 Form Lokasi
Di dalam menu data lokasi, isikan lokasi MTs sesuai dengan
ketentuan. Setelah data lokasi diisi (cara input formulir dapat dilihat
pada Bagian III), maka tekan tombol atau
. Setelah tombol atau
ditekan, maka form akan berubah atau menuju form berikutnya
yakni form personel seperti nampak pada gambar dibawah ini:
Gambar II-17 Form Data Personil
Form Personil merupakan form yang berisi keterangan jumlah data
personil yang di miliki oleh lembaga. Isikan sesuai data yang ada
(cara input formulir dapat dilihat pada Bagian III). Setelah selesai
tekan tombol atau . Setelah tombol
atau ditekan, maka form akan
berubah atau kembali ke awal seperti gambar II.14. Dan hal ini
proses pengisian data umum telah selesai.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 12
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
II.1.3.2 Data Kesiswaan
Setelah proses pengisian data umum selesai, proses selanjutnya
adalah pengisian data kesiswaan. Caranya adalah dengan menekan
tombol . Setelah menekan tombol tersebut,
kemudian dilahkan tekan tombol . Setelah tombol siswa
ditekan maka akan terbuka jendela formulir data siswa seperti
gambar berikut ini:
Gambar II-18 Form Data Siswa
Data siswa yang pertama di isi adalah data yang berkaitan dengan
kesiswaan. Isikan data kesiswaan yang dimiliki oleh lembaga.
Sesuaikan dengan kondisi yang ada sekarang(cara input formulir
dapat dilihat pada Bagian III). Setelah selesai dan sempurna mengisi
form data siswa maka silahkan tekan tombol . Setelah
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 13
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
tombol ditekan, maka form akan berubah atau menuju
ke form berikutnya, yakni form nilai siswa, seperti yang Nampak
pada gambar II.19 berikut ini:
Gambar II-19 Form Nilai Siswa MTs
Setelah data-data tersebut diatas diisi selanjutnya kliklah ubah,
maka form akan melanjutkan ke halaman berikutnya yaitu
Keberadaan Lulusan (Gambar I. 12). Instrumen ini berisikan data
sebaran keberadaan lulusan dari Lembaga.
Gambar II-20 Form Keberadaan lulusan Siswa MTs
Seletalah Form diisi lengkap dan benar selanjutnya adalah
mengisi instrument Latar belakang orang tua siswa yang ada di
lembaga tersebut.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 14
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II 21 Form Pengisian Latar Belakang
Keberadaan Sosial Ekonomi orangtua siswa
Sesuaikan dengan kondisi yang ada sekarang (cara input formulir
dapat dilihat pada Bagian III). Setelah selesai tekan tombol
. Setelah tombol ditekan, maka form
akan berubah atau kembali ke awal seperti gambar II.14. Dan hal ini
proses pengisian data kesiswaan telah selesai.
II.1.3.3. Data Keuangan
Setelah proses pengisian data kesiswaan selesai dengan sempurna,
proses selanjutnya adalah pengisian data keuangan. Caranya adalah
dengan menekan tombol . Setelah tombol
ditekan, sehingga akan terbuka jendela formulir
keuangan seperti Nampak pada gambar berikut ini:
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 15
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II-22 Form Sumber Pendanaan
Isikan data dengan lengkap dan benar selanjutnya tekanlah
tombol atau ubah untuk menyimpan data. Jika
sudah selesai, maka selanjutnya diminta untuk mengisikan data
Keuangan Lembaga seperti dibawah ini ;
Gambar II-23 Form Pengisian Keuangan MTs
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 16
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Setelah Form Data Keuangan terisi semua silahkan tekan tombol
Setelah menekan tombol, maka akan muncul form berikutnya yakni
form beasiswa dan bantuan pendidikan, seperti nampak pada
gambar dibawah ini.
Gambar II-24 Form List Data Beasiswa dan Bantuan
Form diatas menampilkan list data beasiswa dan bantuan yang
dimiliki oleh lembaga. Untuk melakukan penambahan klik tombol
atau tombol untuk merubah.
Gambar II-25 Form Tambah Data Keuangan
Form yang Nampak pada gambar II-23 diatas adalah form
penambahan data baru, isikan informasi sesuai dengan yang diminta
(cara pengisian akan dijelaskan di BAB III). Setelah mengisi dengan
sempurna, silahkan tekan tombol . Setelah menekan
tombol , maka form akan berubah atau menuju ke
form list data beasiswa dan bantuan seperti pada Gambar II-22. Se
telah selesai mengisi formulir beasiswa dan bantuan dengan
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 17
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
sempurna, silahkan tekan tombol . Setelah tombol
ditekan, maka form akan berubah atau kembali ke awal seperti
gambar II.14. Dan hal ini proses pengisian data keuangan telah
selesai.
II.1.3.4 Data Sarana dan Prasarana
Setelah proses pengisian data keuangan selesai dengan sempurna,
proses selanjutnya adalah pengisian data Sarana dan Prasarana.
Caranya adalah dengan menekan tombol .
Kemudian setelah tombol ditekan silahkan
tekan tombol . Setelah tombol ditekan, maka
akan terbuka formulir Sarana-Tanah seperti Nampak pada gambar
berikut ini:
Gambar II-26 Form Sarana Prasarana Tanah
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data sarana-tanah yang ada
di lembaga anda (cara pengisian akan dijelaskan pada BAB III).
Setelah selesai input dengan sempurna data sarana-tanah, silahkan
tekan tombol atau . Setelah menekan
tombol atau , maka akan muncul
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 18
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
form berikutnya yakni form kondisi bangunan serta ruangan, seperti
nampak pada gambar dibawah ini:
Gambar II-27 Form Kondisi Bangunan serta Ruangan
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data kondisi bangunan serta
ruangan yang ada di lembaga anda (cara pengisian akan dijelaskan
pada BAB III). Setelah selesai input dengan sempurna data kondisi
bangunan serta ruangan, silahkan tekan tombol
atau . Setelah menekan tombol atau
, maka akan muncul form berikutnya yakni form
sarana-mebel, seperti nampak pada gambar dibawah ini:
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 19
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II-28 Form Sarana-Mebel
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data sarana-mebel yang ada
di lembaga anda (cara pengisian akan dijelaskan pada BAB III).
Setelah selesai input dengan sempurna data sarana-mebel, silahkan
tekan tombol atau . Setelah menekan
tombol atau , maka akan muncul
form berikutnya yakni form sarana-administrasi, seperti nampak
pada gambar dibawah ini:
Gambar II-29 Form Sarana-Administrasi
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data sarana-administrasi
yang ada di lembaga anda (cara pengisian akan dijelaskan pada BAB
III). Setelah selesai input dengan sempurna data saranaadministrasi,
silahkan tekan tombol atau
. Setelah menekan tombol atau
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 20
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
, maka akan muncul form berikutnya yakni form
sarana-olahraga dan seni, seperti nampak pada gambar dibawah ini:
Gambar II-30 Form Sarana Olahraga dan Seni
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data sarana-olahraga dan
seni yang ada di lembaga anda (cara pengisian akan dijelaskan pada
BAB III). Setelah selesai input dengan sempurna data saranaolahraga
dan seni, silahkan tekan tombol atau
. Setelah menekan tombol atau
, maka akan muncul form berikutnya yakni form
Sumber Air dan Penerangan, seperti nampak pada gambar dibawah
ini:
Gambar II-31 Form Sumber Air dan Penerangan
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 21
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data sumber air dan
penerangan yang ada di lembaga anda (cara pengisian akan
dijelaskan pada BAB III). Setelah selesai input dengan sempurna
data sumber air dan penerangan, silahkan tekan tombol
atau . Setelah menekan tombol
atau , maka akan muncul form
berikutnya yakni form Perlengkapan - Laboratorium, seperti nampak
pada gambar dibawah ini:
Gambar II-32 Form Perlengkapan - Laboratorium
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data Perlengkapan -
Laboratorium yang ada di lembaga anda (cara pengisian akan
dijelaskan pada BAB III). Setelah selesai input dengan sempurna
data perlengkapan - laboratorium, silahkan tekan tombol
atau . Setelah menekan tombol
atau , maka akan muncul form
berikutnya yakni form Perlengkapan Penunjang, seperti nampak
pada gambar dibawah ini:
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 22
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II-33 Form Perlengkapan penunjang
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data Perlengkapan
Penunjang yang ada di lembaga anda (cara pengisian akan
dijelaskan pada BAB III). Setelah selesai input dengan sempurna
data Perlengkapan Penunjang, silahkan tekan tombol
atau . Setelah menekan tombol
atau , maka akan muncul form
berikutnya yakni form Fasilitas Keterampilan, seperti nampak pada
gambar dibawah ini:
Gambar II-34 Form Fasilitas Keterampilan
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data Fasilitas Keterampilan
yang ada di lembaga anda (cara pengisian akan dijelaskan pada BAB
III). Setelah selesai input dengan sempurna data Fasilitas
Keterampilan, silahkan tekan tombol atau
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 23
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
. Setelah menekan tombol atau
, maka akan muncul form berikutnya yakni form
Kebutuhan Tambahan, seperti nampak pada gambar dibawah ini:
Gambar II-35 Form Kebutuhan Tambahan
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data Kebutuhan Tambahan
yang ada di lembaga anda (cara pengisian akan dijelaskan pada BAB
III). Setelah selesai input dengan sempurna data Kebutuhan
Tambahan, silahkan tekan tombol atau
. Setelah menekan tombol atau
, maka akan muncul form berikutnya yakni form
Bantuan sarana, seperti nampak pada gambar dibawah ini:
Gambar II-36 Form Bantuan Sarana
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 24
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Setelah form ini terbuka silahkan isikan Bantuan Sarana yang ada di
lembaga anda (cara pengisian akan dijelaskan pada BAB III). Setelah
selesai input dengan sempurna bantuan sarana, silahkan tekan
tombol atau . Setelah menekan tombol
atau , maka maka form akan berubah
atau kembali ke awal seperti gambar II.14. Dan hal ini proses
pengisian data sarana dan prasarana telah selesai.
II.1.3.5. Data Kurikulum dan Kegiatan
Setelah proses pengisian data sarana dan prasarana selesai dengan
sempurna, proses selanjutnya adalah pengisian data kurikulum dan
kegiatan. Caranya adalah dengan menekan tombol
. Setelah tombol
ditekan, kemudian silahkan tekan tombol
. Setelah tombol kurikulum ditekan, maka akan
terbuka formulir data kurikulum dan kegiatan belajar, seperti nampak
pada gambar dibawah ini:
Gambar II-37 Form Kurikulum dan Kegiatan Belajar
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 25
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data kurikulum dan kegiatan
belajar yang ada di lembaga anda (cara pengisian akan dijelaskan
pada BAB III). Setelah selesai input dengan sempurna data
kurikulum dan kegiatan belajar, silahkan tekan tombol
atau . Setelah menekan tombol
atau , maka maka form akan berubah
atau menuju form berikutnya yakni form data perpustakaan, seperti
yang namapk pada gambar berikut ini:
Gambar II-38 Form data perpustakaan
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data Perpustakaan yang ada
di lembaga anda (cara pengisian akan dijelaskan pada BAB III).
Setelah selesai input dengan sempurna data Perpustakaan, silahkan
tekan tombol atau . Setelah menekan
tombol atau , maka maka form akan
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 26
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
berubah atau kembali ke awal seperti gambar II.14. Dan hal ini
proses pengisian data kurikulum dan kegiatan telah selesai.
II.1.4. Detail Siswa
Setelah data informasi lembaga diisi/update selanjutnya adalah melakukan
pengisian/update detail dari data siswa. Cara pengisiannya dengan cara klik
kemudian klik , sehingga akan tampil
daftar Nama lembaga seperti pada Gambar II-5, kemudian setelah itu silahkan
sorot lembaga yang diisi/update data detail siswanya, kemudian klik tombol
, yang kemudian akan masuk ke menu Tahun Statistik seperti pada
Gambar II-11. Setelah itu silahkan lihat Tahun Statistik yang akan diisi/update
data detail siswanya (Tahun saat ini yang akan diisi adalah Tahun 2011). Jika
Tahun Statistik belum ada maka silahkan lihat proses pembuatan Tahun
Statistik yang sudah dibahas pada Bagian II.1.2.
Proses pengisian data detail siswa dimulai dengan mengklik tanda pada
list data tahun statistik tadi. Sehingga akan keluar tampilan seperti dibawah ini:
Gambar II-39 Form List data siswa
Pada bagian ini kita dapat menambahkan data detail dari siswa, yaitu dengan
mengklik tanda pada bagian kiri bawah list data siswa. Selanjutnya akan
muncul form data pokok siswa seperti dibawah ini :
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 27
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II-40 Form Pengisian detail Siswa
Setelah mengisi form tersebut dengan sempurna (cara pengisian akan
dijelaskan di BAB III), selanjutnya silahkan tekan tombol untuk
merekam data anda ke dalam komputer yang dilanjutkan dengan menekan
tombol pada jendela alert. Setelah itu silahkan klik tanda
pada pojok kanan form tersebut. Setelah data pokok siswa terisi dengan
sempurna langkah selanjutnya adalah mengisi data detail dari orang tua
dengan mengklik tanda . Sehingga akan keluar tampilan seperti dibawah
ini :
Gambar II-41 Tampilan List Orang Tua/Wali
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 28
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Lakukan penambahan dengan mengklik tanda pada bagian bawah List
jendela Orangtua siswa. Sehingga akan keluar tampilan seperti gambar berikut
ini :
Gambar II-42 Tampilan Form Pengisian Orangtua/Wali
Setelah mengisi form tersebut dengan sempurna (cara pengisian akan
dijelaskan di BAB III), selanjutnya silahkan tekan tombol untuk
merekam data anda ke dalam komputer yang dilanjutkan dengan menekan
tombol pada jendela alert. Setelah itu silahkan klik tanda
pada pojok kanan form tersebut. Setelah data orangtua siswa terisi dengan
sempurna langkah selanjutnya adalah mengisi data detail aktivitas siswa
dengan mengklik tanda pada daftar list siswa, maka akan tampil gambar
seperti berikut ini:
Gambar II-43 Form penambahan data aktivitas siswa
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 29
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Setelah mengisi form tersebut dengan sempurna (cara pengisian akan
dijelaskan di BAB III), selanjutnya silahkan tekan tombol untuk
merekam data anda ke dalam komputer yang dilanjutkan dengan menekan
tombol pada jendela alert. Setelah itu silahkan klik tanda
pada pojok kanan form tersebut. Setelah data aktivitas siswa terisi dengan
sempurna langkah selanjutnya adalah mengisi data pendidikan lain siswa
dengan mengklik tanda dan akan menampilkan list pendidikan lain siswa
(lihat gambar II-33).
Gambar II-44 List data Pendidikan lain Siswa
Penambahan data pendidikan lain dapat dilakukan dengan mengklik tanda
pada bagian bawah list data pendidikan lain. Adapun tampilan formnya
adalah sebagai berikut ini:
Gambar II-45 Form Data Pendidikan Lainnya
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 30
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Setelah mengisi form tersebut dengan sempurna (cara pengisian akan
dijelaskan di BAB III), selanjutnya silahkan tekan tombol untuk
merekam data anda ke dalam komputer yang dilanjutkan dengan menekan
tombol pada jendela alert. Setelah itu silahkan klik tanda
pada pojok kanan form tersebut. Setelah data pendidikan lain terisi dengan
sempurna langkah selanjutnya adalah mengisi data beasiswa yang pernah di
terima oleh siswa. Cara mengisinya adalah dengan menekan tombol pada
list data siswa. Adapun tampilan yang akan keluar adalah list beasiswa seperti
gambar dibawah ini :
Gambar II-46 List data Beasiswa yang pernah diterima oleh siswa
Lakukan penambahan dengan mengklik tanda pada bagian kiri bawah list
beasiswa. Sehingga akan keluar form pengisian seperti dibawah ini :
Gambar II-47 Tampilan form beasiswa.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 31
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Setelah mengisi form tersebut dengan sempurna (cara pengisian akan
dijelaskan di BAB III), selanjutnya silahkan tekan tombol untuk
merekam data anda ke dalam komputer yang dilanjutkan dengan menekan
tombol pada jendela alert. Setelah itu silahkan klik tanda
pada pojok kanan form tersebut. Setelah data beasiswa terisi dengan
sempurna langkah selanjutnya adalah mengisi data prestasi dari siswa, yaitu
dengan mengklik sehingga akan keluar tampilan :
Gambar II-48 List data Prestasi yang pernah dilakukan oleh siswa
Lakukan pengisian dengan mengklik tanda pada bagian kiri bawah list
data prestasi, sehingga form yang akan keluar adalah sebagai berikut :
Gambar II-49 Form Pengisian data Prestasi siswa.
Setelah mengisi form tersebut dengan sempurna (cara pengisian akan
dijelaskan di BAB III), selanjutnya silahkan tekan tombol untuk
merekam data anda ke dalam komputer yang dilanjutkan dengan menekan
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 32
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
tombol pada jendela alert. Setelah itu silahkan klik tanda
pada pojok kanan form tersebut. Setelah data prestasi siswa terisi dengan
sempurna langkah terakhir pada pengisian data detail siswa adalah pengisian
data status aktif atau non aktif dari siswa, yaitu dengan mengklik tanda .
Gambar II-50 Formulir pengisian status aktif non aktif siswa.
Setelah mengisi form tersebut dengan sempurna (cara pengisian akan
dijelaskan di BAB III), selanjutnya silahkan tekan tombol untuk
merekam data anda ke dalam komputer yang dilanjutkan dengan menekan
tombol pada jendela alert. Setelah itu silahkan klik tanda
pada pojok kanan form tersebut. Demikian akhir dari proses input data detail
siswa.
II.1.5. Detail Personal Guru/Non-Guru
Setelah data informasi lembaga dan Siswa diisi/diupdate selanjutnya adalah
melakukan pengisian/update detail dari data personal Guru/Non-Guru. Cara
pengisiannya dengan cara klik kemudian klik
, sehingga akan tampil daftar Nama lembaga seperti
pada Gambar II-5, kemudian setelah itu silahkan sorot lembaga yang
diisi/update data detail data personal Guru/Non-Gurunya, kemudian klik tombol
, yang kemudian akan masuk ke menu Tahun Statistik seperti pada
Gambar II-11. Setelah itu silahkan lihat Tahun Statistik yang akan diisi/update
data detail personal Guru/Non-Guru nya (Tahun saat ini yang akan diisi adalah
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 33
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Tahun 2011). Jika Tahun Statistik belum ada maka silahkan lihat proses
pembuatan Tahun Statistik yang sudah dibahas pada Bagian II.1.2.
Untuk melakukan pengisian data pegawai maka klik di menu
kemudian klik , kemudian pilih atau sorot Nama lembaga
yang akan diisi data detail personal Guru/Non-Guru seperti gambar dibawah
ini, akan tampil list menu data pegawai yang dimiliki oleh lembaga tersebut.
Gambar II-51 Form Listing Data Pegawai
Untuk mengisi data baru maka klik tombol maka tampilan akan
berubah menjadi seperti berikut :
Gambar II-52 Form Data Identitas Pegawai
Form di atas merupakan form pengisian biodata pegawai. Silahkan isi form
tersebut dengan sempurna (cara pengisian form akan dibahas di BAB III),
setelah selesai diisi klik tombol . Setelah tombol
ditekan, maka akan berubah menjadi seperti dibawah ini :
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 34
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II-53 Form Ubah Data Pegawai – Utama
Di dalam form ini pengguna dapat melihat biodata pegawai yang telah diisi dan
menu-menu lain yang berkaitan dengan pegawai yang dapat diisi. Untuk
mengisi riwayat status maka dari menu di gambar II.54, tekan tombol
, maka menu akan terbuka jendela form list data riwayat status
kepegawaian seperti gambar berikut ini :
Gambar II-54 Form List Riwayat Status Kepegawaian
Di Form ini dapat dilihat riwayat status kepegawaian yang dimiliki dan jika ingin
menambahkan klik tombol atau jika ingin mengedit sorot di salah
satu data yang ada kemudian klik tombol .
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 35
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II-55 Form Data Riwayat Status Pegawai
Form diatas adalah form penambahan data baru untuk riwayat status
kepegawaian, isikan informasi sesuai dengan data yang diminta (cara pengisian
akan di jelaskan di BAB III), setelah itu klik tombol .
Gambar II-56 Form Ubah Data Riwayat Status Pegawai
Form yang tergambar pada Gambar II-56 adalah form edit atau penghapusan,
isikan informasi sesuai dengan yang diminta setelah anda selesai klik tombol
untuk mengubah atau klik tombol untuk
menghapus. Setelah selesai mengisi data Riwayat Status Pegawai, silahkan
tekan tombol , untuk mengisi data berikutnya.
Pengisian data berikutnya yakni data riwayat pendidikan umum yang dimiliki
dengan cara klik , maka menu akan berubah menjadi berikut :
Gambar II-57 Form List Data Riwayat Pendidikan Umum Pegawai
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 36
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Jika ingin menambahkan klik tombol atau jika ingin mengedit sorot
di salah satu data yang ada kemudian klik tombol .
Gambar II-58 Form Data Pegawai Tambah Pendidikan Umum
Form diatas merupakan form penambahan data baru riwayat pendidikan
umum, isikan informasi sesuai dengan yang diminta (cara pengisian akan
dibahas pada BAB III), setelah itu klik .
Gambar II-59 Form Data Pegawai Ubah Pendidikan Umum
Form diatas adalah form edit data atau penghapusan data, isikan informasi
sesuai dengan yang diminta setelah anda selesai klik untuk
mengubah atau untuk menghapus. Setelah selesai mengisi data
Riwayat Pendidikan Umum Pegawai, silahkan tekan tombol , untuk
mengisi data berikutnya.
Pengisian data berikutnya yakni data riwayat pendidikan pesantren yang
dimiliki dengan cara klik , maka menu akan berubah menjadi berikut
:
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 37
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II-60 Form List Data Pesantren Pegawai
Form diatas dapat menunjukkan riwayat pesantren dari pegawai tersebut yang
dimiliki dan jika ingin menambahkan klik tombol atau jika ingin
mengedit sorot salah satu data yang ada kemudian klik .
Gambar II-61 Form Data Tambah Pesantren
Form diatas adalah form penambahan data baru, isikan informasi sesuai
dengan yang diminta (cara pengisian akan dibahas di BAB III), setelah itu klik
.
Gambar II-62 Form Data Pegawai Ubah Pesantren
Form diatas adalah form edit data atau penghapusan data, isikan informasi
sesuai dengan yang diminta, setelah anda selesai klik untuk
mengubah atau untuk menghapus. Setelah selesai mengisi data
Riwayat Pesantren Pegawai, silahkan tekan tombol , untuk mengisi
data berikutnya.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 38
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Pengisian data berikutnya yakni data riwayat penataran yang dimiliki dengan
cara klik , maka menu akan berubah menjadi berikut :
Gambar II-63 Form List Data Riwayat Penataran
Di Form tersebut menunjukkan riwayat penataran yang dimiliki guru tersebut
dan jika ingin menambahkan klik tombol atau jika ingin mengedit
sorot salah satu data yang ada kemudian klik .
Gambar II-64 Form Data Tambah Riwayat Penataran
Form diatas adalah form penambahan data baru, isikan informasi sesuai
dengan yang diminta (cara pengisian akan di bahas di BAB III), setelah itu klik
.
Gambar II-65 Form Data Ubah Penataran
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 39
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Form pada gambar II-65 adalah form edit data atau penghapusan data, isikan
informasi sesuai dengan yang diminta setelah anda selesai, silahkan tekan klik
tombol untuk mengubah atau untuk menghapus.
Setelah selesai mengisi data Riwayat Penataran Pegawai, silahkan tekan
tombol , untuk mengisi data berikutnya. Pengisian data berikutnya
yakni data riwayat sertifikasi yang dimiliki dengan cara klik , maka
menu akan berubah menjadi berikut :
Gambar II-66 Form List Sertifikasi
Form diatas menunjukkan riwayat sertifikasi yang dimiliki guru tersebut dan
jika ingin menambahkan klik tombol atau jika ingin mengedit sorot
salah satu data yang ada kemudian klik .
Gambar II-67 Form Tambah Riwayat Sertifikasi
Form diatas adalah form penambahan data baru sertifikasi, isikan informasi
sesuai dengan yang diminta (cara pengisian akan dibahas di BAB III), setelah
itu klik .
Gambar II-68 Form Ubah Sertifikasi
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 40
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Form diatas adalah form edit data atau penghapusan data sertifikasi, isikan
informasi sesuai dengan yang diminta setelah anda selesai klik tombol
untuk mengubah atau untuk menghapus. Setelah
selesai mengisi data Riwayat Sertifikasi Pegawai, silahkan tekan tombol
, untuk mengisi data berikutnya.
Pengisian data berikutnya yakni data riwayat Penugasan Utama (Form ini
muncul jika saat mengisi status kepegawaian yang diisi adalah status
kepegawaian yang selain Non-Guru) yang dimiliki dengan cara klik
, maka menu akan berubah menjadi berikut :
Gambar II-69 Form List Penugasan Utama
Di Form ini dapat dilihat riwayat penugasan utama yang dimiliki guru tersebut
dan jika ingin menambahkan klik tombol atau jika ingin mengedit
sorot salah satu data yang ada kemudian klik .
Gambar II-70 Form Tambah Penugasan Utama
Form diatas adalah form penambahan data baru, isikan informasi sesuai
dengan yang diminta (cara pengisian akan dibahas di BAB III), setelah itu klik
.
Gambar II-71 Form Ubah Penugasan Utama
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 41
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Form ini adalah form edit data atau penghapusan data, isikan informasi sesuai
dengan yang diminta, setelah anda selesai klik tombol untuk
mengubah atau untuk menghapus. Setelah selesai mengisi data
Riwayat Penugasan Utama Pegawai, silahkan tekan tombol , untuk
mengisi data berikutnya.
Pengisian data berikutnya yakni data riwayat Penugasan Tambahan di MTs
Utama (Form ini muncul jika saat mengisi status kepegawaian yang diisi adalah
status kepegawaian yang selain Non-Guru) yang dimiliki dengan cara klik
, maka menu akan berubah menjadi berikut :
Gambar II-72 Form List Tugas Tambahan di MTs Utama
Di Form ini akan dapat di lihat riwayat penugasan tambahan yang dimiliki guru
tersebut dan jika ingin menambahkan klik tombol atau jika ingin
mengedit sorot salah satu data yang ada kemudian klik .
Gambar II-73 Form Tambah Tugas Tambahan di MTs Utama
Form diatas adalah form penambahan data baru, isikan informasi sesuai
dengan yang diminta (cara pengisian akan dibahas di BAB III), setelah itu klik
.
Gambar II-74 Form Ubah Tugas Tambahan di MTs Utama
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 42
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Form diatas adalah form edit data atau penghapusan data, isikan informasi
sesuai dengan yang diminta setalah anda selesai klik tombol untuk
mengubah atau untuk menghapus. Setelah selesai mengisi data
Riwayat Penugasan Tambahan di MTs Utama, silahkan tekan tombol ,
untuk mengisi data berikutnya.
Pengisian data berikutnya yakni data riwayat Penugasan Tambahan di
Lembaga Lainnya (Form ini muncul jika saat mengisi status kepegawaian yang
diisi adalah status kepegawaian yang selain Non-Guru) yang dimiliki dengan
cara klik , maka menu akan berubah menjadi berikut :
Gambar II-75 Form List Tugas Tambahan di Lembaga Lain
Gambar II-75 menunjukkan riwayat tugas tambahan di lembaga lainnya yang
dimiliki guru tersebut dan jika ingin menambahkan klik tombol atau
jika ingin mengedit sorot salah satu data yang ada kemudian klik.
Gambar II-76 Form Tambah Tugas Tambahan di Lembaga Lainnya
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 43
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Form diatas adalah form penambahan data baru, isikan informasi sesuai
dengan yang diminta (cara pengisian akan dibahas di BAB III), setelah itu klik
.
Gambar II-77 Form Ubah Tugas Tambahan di Lembaga Lain
Form diatas adalah form edit data atau penghapusan data, isikan informasi
sesuai dengan yang diminta setalah anda selesai klik tombol untuk
mengubah atau untuk menghapus.
Setelah selesai mengisi data Riwayat Penugasan Tambahan di Lembaga
Lainnya, silahkan tekan tombol , untuk mengisi data berikutnya.
Pengisian data berikutnya yakni data riwayat Tugas Tambahan di Lembaga
Lainnya (Form ini muncul jika saat mengisi status kepegawaian yang diisi
adalah status kepegawaian yang selain Non-Guru) yang dimiliki dengan cara
klik , maka menu akan berubah menjadi berikut :
Gambar II-78 Form List Tugas Tambahan Lain di MTs Lain
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 44
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Form diatas menunjukkan riwayat tugas tambahan di lembaga lain yang
dimiliki guru tersebut dan jika ingin menambahkan klik tombol atau
jika ingin mengedit sorot salah satu data yang ada kemudian klik .
Gambar II-79 Form Tambah Tugas Tambahan Lain di Lembaga Lain
Form diatas adalah form penambahan data baru, isikan informasi sesuai
dengan yang diminta setelah itu klik .
Gambar II-80 Form Ubah Tugas Tambahan Lain di MTs Lain
Form diatas adalah form edit data atau penghapusan data, isikan informasi
sesuai dengan yang diminta setalah anda selesai klik tombol untuk
mengubah atau untuk menghapus. Setelah selesai mengisi data
Riwayat Tugas Tambahan di Lembaga Lainnya, silahkan tekan tombol
, untuk mengisi data berikutnya.
Sementara penugasan untuk Non-Guru, dapat diklik
(Tampilan ini hanya akan muncul jika pada saat pengisian status pegawai
adalah Non-Guru). Setelah di klik menu tersebut maka akan muncul tampilan
sebagai berikut ini:
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 45
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gambar II-81 Form List Riwayat Tugas Non-Guru
Form diatas menunjukkan riwayat tugas Non-Guru yang dimiliki pegawai
tersebut dan jika ingin menambahkan klik tombol atau jika ingin
mengedit sorot salah satu data yang ada kemudian klik .
Gambar II-82 Form Riwayat Tugas Non-Guru
Form diatas adalah form penambahan data baru, isikan informasi sesuai
dengan yang diminta (cara pengisian akan dibahas di BAB III), setelah itu
klik .
Gambar II-83 Form Ubah Riwayat Tugas Non-Guru
Form diatas adalah form edit data atau penghapusan data, isikan
informasi sesuai dengan yang diminta, setelah anda selesai klik tombol
untuk mengubah atau untuk menghapus.
Setelah selesai mengisi data Riwayat Tugas Non-Guru, silahkan tekan
tombol , untuk mengisi data berikutnya.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 46
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
II.1.5.1. Ubah NIP/Nomor Karyawan
Didalam aplikasi ini juga disertakan fasilitas untuk ubah atau edit
NIP/Nomor Karyawan. Caranya adalah silahkan masuk ke menu
listing pegawai seperti pada gambar II-51, kemudian silahkan sorot
data yang akan diedit NIP/Nomor Karyawannya, kemudian tekan
tombol , sehingga akan muncul tampilan seperti gambar
berikut ini:
Gambar II-84 Form Edit Identitas Pegawai
Setelah itu silahkan isikan nomor karyawan/NIP yang baru untuk
identitas karyawan tersebut. Setelah diisi dengan sempurna silahkan
klik tombol , kemudian klik tombol pada
jendela alert yang muncul.
II.1.6 Ubah Nomor Statistik
Untuk melakukan perubahan Nomor Statistik kliklah tanda pada lembaga
yang diubah nomor statistiknya, kemudian pengguna akan dibawa ke
halaman untuk melakukan perubahan Nomor Statistik, seperti tampilan
dibawah ini :
Gambar II-85 Gambar Ubah Nomor Statistik RA/BA
Setelah itu silahkan masukkan Nomor Statistik Baru untuk lembaga tersebut,
kemudian silahkan tekan tombol .
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 47
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
BAB III
PANDUAN PENGISIAN FORMULIR
Setelah pada Bab I dan Bab II diterangkan secara tuntas mengenai tombol dan fungsinya
yang terdapat di dalam aplikasi, maka pada Bab III ini akan dibahas mengenai bagaimana
cara mengisi field pada formulir.
III.1. Pengisian Username dan Password pada jendela Login pada aplikasi.
Tingkatan Pengguna : Silahkan pilih salah satu, untuk keperluan input/edit
gunakan Kabupaten/Kota.
Propinsi : Silahkan pilih propinsi tempat kemenag.
Kabupaten/Kota : Silahkan pilih kabupaten/kota tempat kemenag.
Nama Pengguna : Silahkan pilih nama pengguna yang tersedia, gunakan
Manager Mapenda_PAIS.
Nomor Statistik : Isikan Nomor Statistik Lembaga yang akan diedit/diinput.
Nomor Statistik ini untuk sementara tidak usah
diisi dulu, dikarenakan seluruh database lembaga
belum terkumpul.
Kata Sandi : Isikan kata sandi, kata sandi standart adalah manager
Mohon perhatiannya bahwa perbedaan huruf capital akan sangat
berpengaruh, sehingga Username dan Password tidak dikenali.
III.2. Pengisian pada jendela Pengaturan.
Setelah anda berhasil melakukan Login, maka anda akan masuk kepada tampilan
form pengaturan, seperti terlihat pada gambar berikut ini:
Pada jendela ini tidak perlu diisi lagi karena sudah diatur secara otomatis oleh
aplikasi.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 48
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
III.3. Pengisian Formulir Data Umum Lembaga.
III.3.1. Data Identitas.
Tanggal SK
Lembaga
:
Isikan Tanggal terbitnya SK. Lembaga tsb. Catatan
Wajib diisi.
Nomor Statistik
Lama
:
Isikan Nomor Statistik Lembaga lama yang dimiliki
Nomor Statistik
Baru
:
Isikan Nomor Statistik Lembaga Baru yang
dimiliki (bila terjadi penataan Nomor Statistik)
Status Madrasah : Isikan status lembaga dengan pilihan Negeri atau
Swasta
Nama Madrasah : Isikan Nama Lembaga, contoh penulisan: MTsS Al
Iman
NPWP
:
Isikan Nomor Pokok Wajib Pajak yang dimiliki
lembaga, contoh penulisan 123.456.789.001
Nomor Telepon : Isikan Nomor Telepon
yang dimiliki lembaga,
contoh penulisan 031-
34833235
Alamat : Isikan Alamat lengkap lembaga
Propinsi : Isikan Propinsi tempat lokasi keberadaan lembaga
Kabupaten/Kota : Isikan Kabupaten/Kota tempat lokasi keberadaan
lembaga
Kecamatan : Isikan Kecamatan tempat lokasi keberadaan
lembaga
Desa/Kelurahan : Isikan Desa/Kelurahan tempat lokasi keberadaan
lembaga
Kode Pos : Isikan Kode Pos tempat lokasi keberadaan lembaga
Alamat website
:
Isikan Alamat website lembaga,
contoh
penulisan:http://www.kemenag.go.id
E-mail
:
Isikan alamat e-mail yang dimiliki lembaga,
contoh penulisan:pendis@kemenag.go.id
Tahun Berdiri : Isikan Tahun berdiri lembaga, contoh penulisan:
1990
No. SK. Izin
Operasional
:
Isikan No. SK Izin Operasional yang diterima oleh
lembaga tersebut ketika akan mengoperasikan
lembaga ybs, biasanya saat berdirinya lembaga ybs.
Catatan Wajib diisi.
Tanggal SK Izin
Operasional
:
Isikan Tanggal terbitnya SK. Izin Operasional tsb.
Catatan Wajib diisi.
Status Akreditasi
:
Isikan status akreditasi lembaga tsb dengan
pilihan: A, B, C, Belum terakreditasi
Tahun Akreditasi : Isikan Tanggal terbitnya SK. Akreditasi tsb.
Nomor SK
Lembaga
: Isikan No. SK lembaga yang diterima oleh
lembaga tersebut yang terakhir kalinya, misalkan
SK NSM. Catatan Wajib diisi.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 49
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Waktu Belajar
:
Isikan waktu belajar di lembaga tersebut
berdasarkan pilihan pagi, siang atau kombinasi (pagi
dan siang).
Status KKM
:
Isikan status lembaga tersebut didalam KKM,
dengan pilihan induk, anggota atau tidak masuk
KKM. Pertanyaan ini berkaitan dengan pertanyaan
berikutnya, yakni bila sebagai induk silahkan
cantumkan jumlah anggota KKM-nya, bila sebagai
anggota silahkan isikan Madrasah Induk KKM-nya.
Komite
Madrasah
:
Isikan dengan keberadaan Komite Madarsah
dengan pilihan sudah terbentuk atau belum
terbentuk.
Apakah Ada
RAPBM
:
Isikan keadaan RAPBM dengan pilihan ya atau tidak.
Penyelenggara
Madrasah
:
Pertanyaan ini dan dibawahnya khusus untuk
Lembaga berstatus swasta. Silahkan isikan
pertanyaan ini dengan pilihan Organisasi
Keagamaan, Yayasan atau Perorangan. Pertanyaan
ini dengan berkaitan dengan pertanyaan berikutnya,
yakni jika penyelenggara madrasah adalah org
keagamaan atau yayasan, maka isikan organiasi
penyelenggara dengan pilihan NU, Muhammadiyah,
Persis, dst-nya. Bila dipilih lainnya, maka sebutkan
lembaga lainnya tersebut sesuai dengan pertanyaan
berikutnya.
Lingkungan
Pondok
Pesantren
:
Pertanyaan ini berkaitan dengan apakah lembaga
tersebut berada di dalam lingkungan pondok
pesantren, silahkan isikan dengan pilihan ya atau
tidak. Bila diisi ya, maka silahkan isikan pertanyaan
beikutnya, yakni diminta menyebutkan Nama
Pondok Pesantren yang berada di lingkungan
lembaga tersebut.
III.3.2. Data Lokasi
Geografis
:
Isikan kondisi geografis keberadaan lembaga
dengan pilihan: Pantai, Dataran Rendah, Dataran
Tinggi (Pegunungan).
Potensi Wilayah
:
Isikan potensi wilayah di sekitar keberadaan lembaga
tersebut dengan pilihan: Pertanian, Perikanan,
Kehutanan/Perkebunan, Perindustrian, Pertambangan,
Lainnya. Jika memilih lainnya, silahkan disebutkan.
Wilayah
:
Isikan wilayah keberadaan lokasi lembaga dengan
pilihan: Pedesaan, Perkotaan, Transisi Desa – Kota,
Terpencil, Perbatasan Negara.
Jarak Ke Pusat
Ibukota Propinsi
:
Isikan jarak keberadaan lembaga berdasarkan
pertanyaan tersebut dengan pilihan: < 1 km, 1 – 10
km, 11 – 20 km, 20 – 40 km, > 40 km
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 50
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Jarak Ke Pusat
Kab/Kota
:
Isikan jarak keberadaan lembaga berdasarkan
pertanyaan tersebut dengan pilihan: < 1 km, 1 – 10
km, 11 – 20 km, 20 – 40 km, > 40 km
Jarak Ke Pusat
Kecamatan
:
Isikan jarak keberadaan lembaga berdasarkan
pertanyaan tersebut dengan pilihan: < 1 km, 1 – 10
km, 11 – 20 km, 20 – 40 km, > 40 km
Jarak Ke Kanwil
Kemenag Prop.
:
Isikan jarak keberadaan lembaga berdasarkan
pertanyaan tersebut dengan pilihan: < 1 km, 1 – 10
km, 11 – 20 km, 20 – 40 km, > 40 km
Jarak Ke
Kemenag Kab.
:
Isikan jarak keberadaan lembaga berdasarkan
pertanyaan tersebut dengan pilihan: < 1 km, 1 – 10
km, 11 – 20 km, 20 – 40 km, > 40 km
Jarak Ke MTs
Terdekat
:
Isikan jarak keberadaan lembaga berdasarkan
pertanyaan tersebut dengan pilihan: < 1 km, 1 – 10
km, 11 – 20 km, 20 – 40 km, > 40 km
Jarak Ke SMP
Terdekat
:
Isikan jarak keberadaan lembaga berdasarkan
pertanyaan tersebut dengan pilihan: < 1 km, 1 – 10
km, 11 – 20 km, 20 – 40 km, > 40 km
III.3.3. Data Personel
Kepala
Madrasah
:
Isikan jumlah Kepala Madrasah berdasarkan jenis
kelamin di kolom yang disediakan. Catatan
pertanyaan ini harus terisi nilai = 1.
Wakil Kepala
Madrasah
:
Isikan jumlah Wakil Kepala Madrasah berdasarkan
jenis kelamin di kolom yang disediakan.
Guru MPU
:
Isikan jumlah Guru yang mengajar mata pelajaran
umum berdasarkan jenis kelamin di kolom yang
disediakan.
Guru BK
:
Isikan jumlah Guru BK berdasarkan jenis kelamin
di kolom yang disediakan.
Guru PAI
:
Isikan jumlah Guru PAI berdasarkan jenis kelamin
di kolom yang disediakan.
Kepala TU
:
Isikan jumlah Kepala TU berdasarkan jenis kelamin
di kolom yang disediakan.
Administrasi
(TU)
:
Isikan jumlah Pegawai Administrasi/TU berdasarkan
jenis kelamin di kolom yang disediakan
Pustakawan
:
Isikan jumlah Pustakawan berdasarkan jenis kelamin
di kolom yang disediakan.
Laboran
:
Isikan jumlah pegawai laboratoriun (Laboran)
berdasarkan jenis kelamin di kolom yang disediakan.
Instruktur
Ekskul
:
Isikan jumlah Instruktur Ekstrakurikuler berdasarkan
jenis kelamin di kolom yang disediakan.
Personel
Lainnya
:
Isikan jumlah Tenaga Kependidikan Lainnya (tdk
termasuk tukang kebun, petugas clening service/office
boy) berdasarkan jenis kelamin di kolom yang
disediakan
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 51
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
III.4. Pengisian Formulir Data Kesiswaan
III.4.1. Nilai Siswa.
NIlai UN
Kelas IX
:
Format penulisan Nilai UN 0.00-10.00
Nilai UAM
Kelas IX
: Format penulisan Nilai UAM 0.00-10.00
Prestasi Madrasah
: Isikan prestasi madrasah yang pernah diraih, baik
tingkat internasional, nasional, maupun tingkat daerah
III.4.2. Data Siswa.
III.4. 2.1. Tabel 1. Keadaan Siswa Akhir Tahun Pelajaran Sebelumnya
Naik
Kelas/Lulus
:
Isikan Jumlah Siswa yang naik kelas/lulus per kelas dan
berdasarkan jenis kelamin
Tdk Naik
Kelas/Lulus
:
Isikan Jumlah Siswa yang tidak naik kelas/lulus per kelas
dan berdasarkan jenis kelamin.
Jumlah Siswa : Di kolom ini anda tidak perlu mengisi, karena aplikasi akan
mengisi secara otomatis.
Rombel : Isikan Jumlah Rombel per kelas
III.4. 2.2. Tabel 2. Mutasi Siswa Tahun Pelajaran Saat ini
Pindah Keluar
:
Isikan Jumlah Siswa yang pindah keluar per kelas dan
berdasarkan jenis kelamin.
DO
:
Isikan Jumlah Siswa yang DO per kelas dan berdasarkan
jenis kelamin.
Pindah Masuk
: Isikan Jumlah Siswa yang pindah masuk per kelas dan
berdasarkan jenis kelamin.
DO Kembali : Isikan Jumlah Siswa yang DO Kembali per kelas dan
berdasarkan jenis kelamin.
III.4. 2.3. Tabel 3. Asal Siswa VII Tahun Pelajaran Saat ini
Pendaftar
:
Isikan Jumlah Siswa pendaftar sesuai dengan asal
sekolah calon siswa berdasarkan jenis kelamin.
Total Pendaftar
:
Di kolom ini anda tidak perlu mengisi, karena aplikasi akan
mengisi secara otomatis.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 52
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Diterima
: Isikan Jumlah Siswa diterima sesuai dengan asal sekolah
calon siswa berdasarkan jenis kelamin. Catatan : jumlah
siswa diterima maksimal sama dengan jumlah siswa
pendaftar.
Total Diterima : Di kolom ini anda tidak perlu mengisi, karena aplikasi akan
mengisi secara otomatis.
III.4. 2.4. Tabel 4. Keadaan Siswa Tahun Pelajaran Saat ini
Siswa Miskin
:
Isikan jumlah siswa siswa miskin per kelas berdasarkan jenis
kelamin.
Catatan : jumlah siswa miskin maksimal sama dengan
jumlah siswa ditabel ini.
Siswa
Berkebutuhan
Khusus
:
Isikan jumlah siswa siswa Berkebutuhan Khusus per kelas
berdasarkan jenis kelamin.
Catatan :
1) Siswa berkebutuhan Khusus adalah siswa yang
membutuhkan kekhususan baik itu secara alat bantu
belajar maupun perhatian. Misalnya Tuna Netra,
Tuna Rungu, Tuna Graita, anak dengan kemampuan
luar biasa.
2) Jumlah Siswa Berkebutuhan khusus maksimal sama
dengan jumlah siswa di tabel ini.
Jumlah Siswa
:
Di kolom ini anda tidak perlu mengisi, karena aplikasi akan
mengisi secara otomatis.
Rombel : Isikan jumlah rombel per kelas.
III.4. 2.5. Tabel 5. Siswa Berdasarkan Usia, Kelas dan Jenis Kelamin
Jumlah Siswa
Berdasarkan
Usia
:
Isikan rincian jumlah siswa per kelas dan berdasarkan jenis
kelamin.
Catatan :
1) Jumlah siswa per kelas dan per jenis kelamin pada
kolom ini harus sama dengan jumlah siswa per kelas
dan per jenis kelamin pada tabel 4.
III.4. 2.6. Tabel 6. Jumlah Siswa dan Rombel Menurut Waktu Belajar
Jumlah Siswa
:
Isikan Jumlah siswa total berdasarkan waktu belajar siswa
masing- masing dan berdasarkan jenis kelamin. Catatan:
1) jumlah siswa harus sama dengan jumlah siswa pada
Tabel 4 dan Tabel 5.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 53
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Total Siswa
:
Di kolom ini anda tidak perlu mengisi, karena aplikasi akan
mengisi secara otomatis.
Total
Rombongan
Belajar
:
Isikan Jumlah rombel total berdasarkan waktu belajar siswa.
Catatan
jumlah rombel ini harus sama dengan jumlah rombel
pada Tabel 1 dan Tabel 4.
III.4.3. Keberadaan Lulusan Siswa Dari Kelas IX.
Keberadaan
lulusan
:
Catatan :
Jumlah Keberadaan Lulusan siswa harus sama
dengan jumlah siswa kelas IX yang lulus pada tabel 1
kesiswaan. (Info jumlah siswa kelas IX yang lulus
terlampir di dalam aplikasi).
III.4.4. Data Orangtua Siswa.
III.4.4.1. Pendidikan Orangtua Siswa.
IsikanIsikan Jumlah Orangtua siswa berdasarkan jenjang
pendidikan formal yang telah ditamatkan, sesuai dengan jenjang
yang ditanyakan. Catatan Jumlah Ortu ini maksimal harus
sesuai dengan jumlah total siswa yang ada pada tabel 4
Data Siswa (info jumlah siswa terlampir di dalam
aplikasi).
III.4.4.2. Pekerjaan Orangtua Siswa.
Isikan Jumlah Orangtua siswa berdasarkan profesi pekerjaan,
sesuai dengan yang ditanyakan. Catatan Jumlah Ortu ini
maksimal harus sesuai dengan jumlah total siswa yang
ada pada Tabel 4 Data Siswa (info jumlah siswa terlampir
di dalam aplikasi).
III.4.4.3. Penghasilan Orangtua Siswa
Isikan Jumlah Orangtua siswa berdasarkan kategori penghasilan
per bulan, sesuai dengan yang ditanyakan. Catatan Jumlah
Ortu ini maksimal harus sesuai dengan jumlah total
siswa yang ada pada Tabel 4 Data Siswa (info jumlah
siswa terlampir di dalam aplikasi).
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 54
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
III.5. Pengisian Formulir Data Keuangan
III.5.1. Data Keuangan
III.5.1.1. Sumber Pendanaan
Tahun
:
Anda tidak perlu mengisi di kolom ini, karena
aplikasi akan mengisi secara otomatis.
Nomor Statistik
:
Anda tidak perlu mengisi di kolom ini, karena
aplikasi akan mengisi secara otomatis.
APBN
: Isikan jumlah dana yang diterima dari APBN,
contohnya Dana DIPA (untuk Satker Negeri).
Catatan dana APBN ini hanya diisi khusus
untuk Lembaga Negeri.
Hasil usaha lembaga
:
Isikan jumlah dana yang didapat oleh lembaga
berdasarkan usaha yang dimiliki oleh lembaga itu
sendiri.
Ortu Murid : Isikan Jumlah dana yang diterima dari orangtua
siswa.
Bantuan Pemerintah
Pusat
:
Isikan Jumlah dana yang diterima dari Bantuan
Pemerintah Pusat. Catatan Dana Bantuan ini
hanya diisi oleh satker swasta.
Bantuan Pemerintah
Daerah
:
Isikan Jumlah dana yang diterima dari Bantuan
Pemerintah Daerah. Catatan Dana Bantuan ini
hanya diisi oleh satker swasta.
Sumbangan Tetap
:
Isikan Jumlah dana Sumbangan Tetap yang
diterima dari lembaga/yayasan/badan
hukum/perorangan.
Sumbangan Tidak
Tetap
:
Isikan Jumlah dana Sumbangan Tidak Tetap yang
diterima dari lembaga/yayasan/badan
hukum/perorangan.
Lainnya
:
Isikan Jumlah dana yang diterima dari sumber
lainnya yang tidak tercakup di pertanyaanya
sebelumnya.
III.5.1.2. Data Keuangan
Tahun
:
Anda tidak perlu mengisi di kolom ini, karena
aplikasi akan mengisi secara otomatis.
Nomor Statistik
:
Anda tidak perlu mengisi di kolom ini, karena
aplikasi akan mengisi secara otomatis.
Uang pangkal (awal
masuk) per siswa
:
Isikan dengan uang pangkal yang dikenakan
kepada setiap siswa baru saat penerimaan siswa
baru tahun ajaran baru
Iuran/SPP per siswa per
bulan
:
Isikan dengan nilai nominal uang iuran/spp yang
dikenakan kepada setiap siswa per bulan untuk
tahun ajaran baru
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 55
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Gaji per guru per bulan
:
Isikan dengan nilai nominal gaji yang
dibayarkan kepada setiap guru per bulan (nilai
rata-rata). Nilai Gaji ini untuk Guru dengan status
tetap lembaga tersebut.
Honor per guru per
bulan
:
Isikan dengan nilai nominal honor yang dibayarkan
kepada setiap guru per bulan (nilai rata-rata). Nilai
Honor ini untuk Guru dengan status tidak tetap di
lembaga tersebut.
Insentif per guru
per bulan
:
Isikan dengan nilai nominal insentif yang
dibayarkan kepada setiap guru per bulan (nilai
rata-rata). Nilai insentif ini adalah nilai yang
diberikan diluar gaji atau honor.
Apakah Guru
menerima Insentif
dari kelebihan jam
mengajar
:
Pertanyaan ini silahkan dengan dijawab dengan
jawaban ya atau tidak
Jumlah Insentif setiap
jam
:
Pertanyaan ini berkaitan dengan pertanyaan
sebelumnya, jika ya maka silahkan isikan jumlah
insentif (rata-rata) yang diberikan untuk setiap
kelebihan jam mengajar.
III.5.1.3. Kebutuhan Tambahan
Tambahan Ruang
Belajar
:
Isikan dengan jumlah ruang yang dibutuhkan
untuk kegiatan belajar mengajar
Tambahan Guru
:
Isikan dengan jumlah ruang yang dibutuhkan
untuk ruang guru
Tambahan Buku MP
:
Isikan dengan jumlah buku mata pelajaran yang
dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar
Tambahan Alat Bantu
Pengajaran
:
Isikan dengan jumlah alat bantu pengajaran yang
dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar
Tambahan Asrama : Isikan dengan jumlah ruang yang dibutuhkan untuk
asrama
Tambahan BOS : Isikan dengan jumlah uang (Rp) yang dibutuhkan
untuk BOS
Tambahan Tempat
Ibadah
:
Isikan dengan jumlah ruang yang dibutuhkan
untuk tempat ibadah
Tambahan Ruang UKS
: Isikan dengan jumlah ruang yang dibutuhkan untuk
UKS
Tambahan Ruang Lab.
:
Isikan dengan jumlah ruang yang dibutuhkan untuk
Keperluan Laboratorium
Tambahan Ruang MCK
: Isikan dengan jumlah ruang yang dibutuhkan untuk
MCK
III.5.2. Data Bantuan dan Beasiswa.
Data dana bantuan berupa data historical, sehingga dapat diisi lebih dari
satu kali atau multi entry.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 56
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Tahun
:
Anda tidak perlu mengisi di kolom ini, karena
aplikasi akan mengisi secara otomatis.
Nomor Statistik
:
Anda tidak perlu mengisi di kolom ini, karena
aplikasi akan mengisi secara otomatis.
Jenis Bantuan
:
Isikan jenis bantuan yang diterima
Tahun Bantuan
:
Isikan Tahun berapa bantuan tersebut diterima
Nilai (Rp)
: Isikan nilai nominal (Rp) jumlah bantuan yang
diterima
Peruntukan
:
Isikan peruntukkan bantuan tersebut
III.6. Pengisian Formulir Sarana dan Prasarana.
III.6.1. Data Tanah.
Tahun Statistik : Tahun ini silahkan isikan dengan tahun pendataan, kalau
didalam aplikasi sudah otomatis terisi bilamana kita
memulai proses input data.
Nomor Statistik : Nomor Statistik ini silahkan isikan dengan Nomor Statistik
yang dimiliki oleh lembaga, kalau didalam aplikasi sudah
otomatis terisi bilamana kita memulai proses input data.
Jumlah Tanah
Seluruhnya
:
Isikan Luas Tanah seluruhnya yang digunakan
untuk lembaga tersebut.
Luas Tanah
Berdasarkan
Sumber
Pengadaan
: Isikan Luas Tanah berdasarkan sumber pengadaan dan
status sertifikasinya. Catatan Jumlah Luas Tanah
berdasarkan sumber pengadaan harus sama
dengan Jumlah Luas Tanah Seluruhnya.
Luas Tanah
Berdasarkan
Penggunaannya
: Isikan Luas Tanah berdasarkan penggunaannya
berdasarkan pertanyaannya. Catatan Jumlah Luas
Tanah berdasarkan Penggunaannya harus sama
dengan Jumlah Luas Tanah Seluruhnya.
Catatan, bilamana bangunan itu lebih dari satu lantai
(Bertingkat), maka luas bangunan yang dihitung adalah luas
bangunan yang merupakan luas tapak bangunan lantai dasar.
III.6.2. Data Bangunan
Isikan berapa jumlah ruangan masing-masing berdasarkan fungsi yang
ditanyakan untuk masing-masing kategori kondisi ruangan. Kemudian
isikan pula usia bangunan yang ditanyakan berdasarkan masing-masing
fungsi dalam tahun.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 57
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
III.6.3. Data Mebel
Isikan berapa unit mebel yang dimiliki berdasarkan masing-masing jenis
mebel yang ditanyakan berdasarkan kondisi barang mebel tersebut.
III.6.4. Data Administrasi
Isikan berapa unit sarana administrasi yang dimiliki berdasarkan masingmasing
jenis sarana administrasi yang ditanyakan berdasarkan kondisi
barang sarana administrasi tersebut.
III.6.5. Data Olahraga
Isikan berapa unit sarana olahraga yang dimiliki berdasarkan masingpmasing
jenis sarana olahraga yang ditanyakan berdasarkan kondisi barang
sarana olahraga tersebut.
III.6.6. Data Sumber Air dan Penerangan
Isikan berapa unit sarana Penerangan dan Sumber Air yang dimiliki
berdasarkan masing-masing jenis yang ditanyakan berdasarkan kondisi
sarana tersebut. Kemudian isikan pula daya listrik yang dimiliki dalam
satuan watt.
III.6.7. Data Perlengkapan Laboratorium
Isikan Berapa Unit sarana Perlengkapan Laboratorium yang dimiliki
berdasar masing masing jenis perlengkapan laboratorium yang ditanyakan
berdasar kondisi perlengkapan tersebut.
III.6.8. Data Penunjang
Isikan berapa unit sarana penunjang yang dimiliki berdasarkan masing
masing jenis penunjang yang ditanyakan berdasar kondisi sarana penunjang
tersebut.
III.6.9. Data Fasilitas Keterampilan
Isikan berapa unit sarana fasilitas keterampilan yang dimiliki berdasar masing
masing jenis fasilitas keterampilan yang ditanyakan berdasar kondisi fasilitas
keterampilan tersebut.
III.6.10. Data Kebutuhan Tambahan
Isikan kebutuhan tambahan berdasar jenis kebutuhan yang bersifat
mendesak sampai pada kebutuhan yang sangat mendesak. Dalam
menentukan jumlah jenis kebutuhan tambahan dilakukan dengan
mencantumkan ranking misal nomor 1 – 10 kebutuhan.
III.6.11. Data Bantuan Sarana Prasarana
Isikan data bantuan sarana prasarana dengan tahun mendapat bantuan,
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 58
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
siapa yang memberi bantuan, dan untuk siapa bantuan tersebut diberikan.
III.7. Pengisian Formulir Data Kurikulum dan Kegiatan
III.7.1. Data Kurikulum
Kurikulum yang
digunakan
:
Isikan dengan memilih jenis kurikulum yang telah
disediakan oleh aplikasi.
Jam Belajar Kegiatan
:
Isikan dengan mengisi mulai jam belajar sampai
dengan berakhirnya kegiatan belajar
Jenis kegiatan/Eksul : Isikan jenis kegiatan yang diselenggarakan oleh
lembaga. Jenis pilihan ini boleh lebih dari satu
pilihan.
Ekstrakurikuler Lainnya : Isikan jika ekstrakurikuler tidak tersedia di jenis
ekstrakurikuler yang disediakan
Satuan JP MP : Isikan dengan jumlah jam JP untuk masing-masing MP
yang ditanyakan per minggu
Nilai UAM/UAN : Isikan nilai rata-rata UAM dan UAN berdasarkan
Mapel masing-masing. Format penulisan lihat di
bagian data siswa
III.7.2. Perpustakaan
Isikan tentang keberadaan perpustakaan dengan pilihan ada/tidak ada. Isikan pula
jumlah pengunjung rata-rata per hari ke perpustakaan tersebut. Isikan pula jumlah
koleksi buku perpustakaan secara total. Isikan Jumlah eksemplar buku untuk
referensi guru dan siswa untuk masing-masing jenjang kelas berdasarkan mata
pelajaran yang ditanyakan.
III.8. Pengisian Formulir Detil Personal Pegawai
Data Pegawai yang diisikan adalah data pendidik dan tenaga kependidikan (tdk
termasuk tukang kebun, petugas clening service/office boy).
III.8.1 Data Identitas/Pribadi Pegawai.
NIK/No. KTP : Isikan NIK/No. KTP yang dimiliki oleh
Personel ybs. Catatan NIK/No.KTP wajib
diisi.
NUPTK : Isikan NUPTK, jika sudah memiliki NUPTK
NIP/No. Karyawan : Isikan NIP bagi yang memiliki NIP, Bagi yang
tidak memiliki NIP silahkan Nomor
Karyawan. Catatan NIP/Nomor
Karyawan ini wajib diisi.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 59
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Nama Lengkap : Isikan Nama Lengkap. Catatan Nama
Lengkap ini wajib diisi dan Nama harus
sesuai dengan KTP. Contoh Penulisan:
Abdul Hakim.
Gelar Akademik : Isikan Gelar Pendidikan Formal yang dimiliki,
baik gelar depan maupun belakang. Catatan
Apabila memiliki gelar depan/belakang
lebih dari satu, silahkan dipilih salah satu
saja, berdasarkan jenjang pendidikan
tertinggi yang ditempuh, atau manakala
jenjangnya sama, silahkan pilih gelar yang
berkompeten dengan dunia pendidikan
Tempat/Tanggal
Lahir
: Isikan dengan tempat dan Tanggal Lahir.
Catatan untuk pengisian di dalam aplikasi
tanggal sudah digunakan tombol atau
fasilitas tersendiri yang ada di sebelah
setiap pertanyaan tanggal dan Wajib Diisi
Jenis Kelamin : Isikan Jenis Kelamin dengan pilihan Laki-laki
atau Perempuan. Catatan Wajib Diisi
Agama : Isikan pilihan agama sesuai dengan agama
yang dianut masing-masing. Catatan Wajib
Diisi
Status Perkawinan : Isikan status perkawinan yang sedang dijalani
Alamat Rumah : Isikan Alamat lengkap rumah atau tempat
tinggal. Catatan Wajib Diisi
RT/RW : Isikan No. RT/RW tempat tinggal/rumah
Catatan Wajib Diisi
Kode Pos : Isikan Kode Pos tempat tinggal/rumah
Propinsi : Isikan Nama Propinsi tempat tinggal/rumah
Catatan Wajib Diisi
Kabupaten : Isikan Nama Kabupaten/Kota tempat tinggal/
rumah Catatan Wajib Diisi
Kecamatan : Isikan Nama Kecamatan tempat tinggal/rumah
Catatan Wajib Diisi
Kelurahan : Isikan Nama Kelurahan tempat tinggal/rumah
Catatan Wajib Diisi
Jenis Tempat Tinggal : Isikan Jenis Tempat Tinggal sesuai dengan pilihan
yang ada
Golongan Darah : Isikan Jenis Golongan Darah
Telepon/HP : Isikan No. Telepon Rumah/HP. Contoh
penulisan 021-34833235/081111111
Alamat E-mail : Isikan alamat e-mail (bila memilikinya)
No. Karpeg : Isikan No. Karpeg (Khusus bagi PNS)
No. Askes : Isikan No. Askes (Khusus bagi PNS)
No. Taspen : Isikan No. Taspen (Khusus bagi PNS)
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 60
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
No. Karis/Karsu : Isikan No. Karis/Karsu (Khusus bagi PNS)
NPWP : Isikan NPWP yang dimiliki
Nama Ibu Kandung : Isikan Nama Ibu Kandung. Catatan Nama
Ibu Kandung wajib diisi
III.8.2. Riwayat Status Kepegawaian.
Pada bagian ini diharapkan akan terbentuk riwayat status kepegawaian
yang bersangkutan dari kondisi mula sampai kondisi kekinian, sehingga
sifat datanya berupa data historic.
III.8.3. Riwayat Pendidikan Umum
Pada bagian ini diharapkan akan terbentuk riwayat Pendidikan Umum
(Formal) yang bersangkutan dari kondisi mula sampai kondisi kekinian,
sehingga sifat datanya berupa data historic.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 61
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
III.8.4. Riwayat Pesantren
Pada bagian ini diharapkan akan terbentuk riwayat Pesantren yang
bersangkutan dari kondisi mula sampai kondisi kekinian, sehingga sifat
datanya berupa data historic.
III.8.5. Riwayat Penataran
Pada bagian ini diharapkan akan terbentuk riwayat Penataran yang
bersangkutan dari kondisi mula sampai kondisi kekinian, sehingga sifat
datanya berupa data historic.
III.8.6. Riwayat Sertifikasi
Pada bagian ini diharapkan akan terbentuk riwayat Sertifikasi yang
bersangkutan dari kondisi mula sampai kondisi kekinian, sehingga sifat
datanya berupa data historic.
III.8.7. Riwayat Penugasan Utama
Pada bagian ini diharapkan akan terbentuk riwayat Penugasan Utama yang
bersangkutan dari kondisi mula sampai kondisi kekinian, sehingga sifat
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 62
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
datanya berupa data historic.
Tugas Pokok : Isikan dengan Tugas Pokok yang diemban
berdasarkan SK
MPU : Isikan Mata Pelajaran Utama yang diemban
berdasarkan SK
Jumlah Jam Mengajar : Isikan Jumlah Jam Mengajar Mata Pelajaran
per minggu
Tahun Statistik : Tahun Statistik Adalah Tahun Pendataan
III.8.8. Riwayat Tugas Tambahan di RA/Madrasah Utama
Pada bagian ini diharapkan akan terbentuk riwayat Tugas Tambahan di
RA/Madrasah Utama yang bersangkutan dari kondisi mula sampai kondisi
kekinian, sehingga sifat datanya berupa data historic.
III.8.9. Riwayat Tugas Mengajar di Lembaga Lainnya
Pada bagian ini diharapkan akan terbentuk riwayat Tugas Mengajar di
Lembaga Lainnya yang bersangkutan dari kondisi mula sampai kondisi
kekinian, sehingga sifat datanya berupa data historic.
Jenjang : Isikan jenjang lembaga tempat mengajar di
lembaga lainnya
Jumlah Lembaga : Isikan jumlah lembaga tempat mengajar
berdasarkan jenjang tersebut
Mata Pelajaran : Isikan Mata Pelajaran yang diampu
Tahun Statistik : Tahun Statistik Adalah Tahun Pendataan
III.8.10. Riwayat Tugas Tambahan di Lembaga Lainnya
Pada bagian ini diharapkan akan terbentuk riwayat Tugas Tambahan di
Lembaga Lainnya yang bersangkutan dari kondisi mula sampai kondisi
kekinian, sehingga sifat datanya berupa data historic.
Jenjang : Isikan jenjang lembaga tempat tugas
tambahan di lembaga lainnya
Tugas Tambahan : Isikan Tugas Tambahan yang diemban oleh
personal yang bersangkutan
Jumlah Jampel : Isikan Jumlah Jam Pelajaran per Minggu untuk
Tugas Tambahan di Lembaga Lainnya
Tahun Statistik : Tahun Statistik Adalah Tahun Pendataan
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 63
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
III.8.11. Penugasan Non-Guru
Formulir ini khusus diisi untuk personal tenaga kependidikan (Non Guru).
Pada bagian ini diharapkan akan terbentuk riwayat Penugasan Non-Guru
yang bersangkutan dari kondisi mula sampai kondisi kekinian, sehingga
sifat datanya berupa data historic.
Tugas Utama Non
Guru
: Isikan Tugas Utama Non-Guru yang diemban
oleh personal yang bersangkutan
Tugas Tambahan Non
Guru
: Isikan Tugas Tambahan Non-Guru yang
diemban oleh personal yang bersangkutan
Tahun Statistik : Tahun Statistik Adalah Tahun Pendataan
III.9. Pengisian Formulir Detil Siswa.
III.9.1. Data Identitas Pribadi Siswa
NIS Lokal : Isikan Nomor Induk Siswa yang diterbitkan
oleh lembaga tempat belajar
NIS Nasional : Isikan Nomor Induk Siswa Nasional yang
diterbitkan oleh Kemendiknas
Nama Lengkap : Isikan Nama Lengkap Siswa
Tempat & Tanggal Lahir : Isikan Tempat dan Tanggal Lahir
Jenis Kelamin : Isikan Jenis Kelamin Siswa
Urutan Dalam Keluarga : Isikan urutan anak dalam keluarga
Alamat Tempat Tinggal : Isikan secara lengkap alamat tempat tinggal
siswa yang bersangkutan
Propinsi : Isikan Propinsi tempat tinggal siswa
Kabupaten/Kota : Isikan Kabupaten/Kota tempat tinggal siswa
Kecamatan : Isikan Kecamatan tempat tinggal siswa
Nomor Telepon : Isikan Nomor telepon yang dimiliki siswa yang
bersangkutan yang dapat dihubungi
Status Tempat Tinggal : Isikan status tempat tinggal siswa berdasarkan
pilihan yang ada
Yang Membiayai Sekolah : Isikan yang membiayai sekolah siswa yang
bersangkutan berdasarkan pilihan yang ada
Penghasilan Orangtua : Isikan klasifikasi penghasilan orangtua/wali
(ayah dan ibu) per bulan
III.9.2. Data Identitas Orangtua/Wali Siswa
Pada formulir ini (didalam aplikasi) merupakan formulir yang bersifat multi
entry sehingga dapat diisi lebih dari satu kali.
Pilihan Jenis Orangtua/
Wali
: Isikan pilihan jenis orangtua/wali dengan
pilihan yang disediakan oleh aplikasi
Nama lengkap : Isikan Nama Lengkap Orangtua Siswa
Status : Isikan Status berdasarkan pilihan yang
disediakan
Pendidikan Terakhir : Isikan Jenjang Pendidikan Terakhir
berdasarkan pilihan yang disediakan
Pekerjaan Utama : Isikan pekerjaan utama berdasarkan pilihan
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 64
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
yang disediakan
Jenis Profesi : Isikan jenis profesi berdasarkan pilihan yang
disediakan (khusus untuk Pekerjaan Utama
PNS/TNI/POLRI)
Pangkat/Golongan : Isikan Pangkat/Golongan yang dimiliki jika
Pekerjaan Utama PNS/TNI/POLRI
Alamat Tempat Tinggal : Isikan alamat tempat tinggal Orangtua siswa
secara lengkap
Propinsi : Isikan Propinsi tempat tinggal Orangtua siswa
Kabupaten/Kota : Isikan Kabupaten/Kota tempat tinggal
Orangtua siswa
Kecamatan : Isikan Kecamatan tempat tinggal Orangtua
siswa
Negara : Isikan Negara tempat tinggal Orangtua siswa
Nomor Telepon : Isikan nomor telepon yang dimiliki orangtua
siswa yang dapat dihubungi
III.9.3. Data Aktivitas Belajar Siswa
Kelas/Tingkat saat ini : Isikan Kelas/Tingkat Saat ini yang dijalani oleh
siswa ybs dengan memilih salah satu opsi
Tanggal Mulai Masuk : Isikan Mulai Masuk di Kelas/Tingkat yang
dimiliki sekarang
Kelas Paralel : Isikan Kelas Paralel dari Kelas/Tingkat Saat ini.
Contohnya Bila Kelas 10 terdiri dari 2 Rombel,
maka siswa tersebut berada di paralel 1 atau 2
dari rombel kelas 10 tersebut
Status Siswa saat ini : Isikan status siswa saat ini dengan memilih
salah satu opsi
III.9.4. Data Pendidikan Lain
Pada bagian ini diharapkan akan terbentuk riwayat data pendidikan lainnya
yang diikuti siswa yang bersangkutan dari kondisi mula sampai kondisi
kekinian, sehingga sifat datanya berupa data historic.
Nama Lembaga
Pendidikan
: Isikan Nama Lembaga Pendidikan lainnya yang
diikuti siswa yang bersangkutan
Jenis lembaga : Isikan Jenis Lembaga dengan pilihan yang
disediakan
Tahun Mulai Belajar : Isikan Tahun Mulai belajar di lembaga tersebut
Frekuensi Belajar : Isikan Frek. Belajar dengan pilihan yang sudah
disediakan
III.9.5. Data Beasiswa
Pada bagian ini diharapkan akan terbentuk riwayat data beasiswa yang
pernah didapat oleh siswa yang bersangkutan dari kondisi mula sampai
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 65
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
kondisi kekinian, sehingga sifat datanya berupa data historic.
Tahun : Isikan Tahun berapa beasiswa ini diterima
siswa yang bersangkutan
Nama Beasiswa : Isikan Nama Beasiswa yang diterima oleh
siswa yang bersangkutan
Nama Instansi Pemberi : Isikan Nama Instansi Pemberi Beasiswa
Jenis Instansi Pemberi : Isikan Jenis Isntansi Pemberi Beasiswa dengan
memilih pilihan yang tersedia
Jumlah Beasiswa : Isikan Jumlah Nominal Beasiswa yang diterima
oleh siswa yang bersangkutan dalam Rp.
III.9.6. Data Prestasi
Pada bagian ini diharapkan akan terbentuk riwayat data beasiswa yang
pernah didapat oleh siswa yang bersangkutan dari kondisi mula sampai
kondisi kekinian, sehingga sifat datanya berupa data historic.
Tahun : Isikan Tahun berapa Lomba ini diikuti siswa
yang bersangkutan
Nama Lomba : Isikan Nama Lomba yang diikuti oleh siswa
yang bersangkutan
Jenis Lomba : Isikan Jenis Lomba yang diikuti oleh siswa
yang bersangkutan dengan pilihan yang
tersedia
Nama Penyelenggara : Isikan Nama Penyelenggara Lomba yang
diikuti siswa yang bersangkutan
Lomba Tingkat : Isikan Lomba Tingkat yang diikuti siswa yang
bersangkutan berdasarkan pilihan yang
tersedia
Peringkat yang diraih Isikan Peringkat yang diraih oleh siswa yang
bersangkutan dalam mengikuti lomba tersebut
diatas dengan angka arab. Misalnya Peringkat
yang diraih adalah peringkat 2.
III.9.7. Data Status Aktif dan Non-Aktif
Status Aktif : Isikan status keaktifan siswa yang
bersangkutan dengan pilihan yang tersedia.
Alasan Tidak Aktif : Jika Status Keaktifan dipilih tidak aktif, isikan
alasan tidak aktif berdasarkan pilihan yang
tersedia.
Tanggal Mulai Non-Aktif : Jika Status Keaktifan dipilih tidak aktif, isikan
tanggal mulai siswa tersebut tidak aktif.
Kelas/Tingkat Terakhir
saat tidak aktif
: Jika Status Keaktifan dipilih tidak aktif, isikan
kelas/tingkat terakhir saat tidak aktif
berdasarkan pilihan yang tersedia.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Halaman 66
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
BAB IV
PENUTUP
Demikianlah Buku User Manual ini disusun oleh Tim Bagian Perencanaan dan Sistem
Informasi agar para pengguna aplikasi yang sedang dibangun dan dikembangkan oleh
Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi dapat menggunakannya dengan baik dan lebih
user friendly, sehingga tidak ada lagi kesulitan dalam proses pendataan Lembaga
Pendidikan Islam.
Namun patut disadari bahwa masih banyak kekurangan-kekurang dalam rangka
pengembangan aplikasi berbasis web ini. Bilamana anda mengalami kesulitan dalam
penggunaan aplikasi ini dapat menghubungi help desk sebagai berikut ini:
Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi
Gedung EMIS Lantai 3
Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4 Jakarta
Telepon 021-34833235.
Atau anda dapat bergabung di EMIS TEAM Facebook.
Atau Silahkan E-mail ke:
1. torohans@yahoo.co.id
2. saleh_aziz@ymail.com
3. aziz_saleh@kemenag.go.id