SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (SESAMA MANUSIA)

Selasa, 09 Juli 2013

ALIRAN MODERN DALAM ISLAM




TGL PENYERAHAN RESUME      :
NAMA                        : BADRUSSALAM MUCHTAR, S.Pd.I
UTUSAN                    : MATHLA’UL ANWAR
MATA KULIAH       : ALIRAN MODERN DALAM ISLAM
DOSEN                      : KH. KHAERUL YUNUS
JENIS TUGAS           : RESUME
TGL. MATERI           : SABTU, 06 JULI 2013       

 


Dari Mata Kuliah Aliran Modern Dalam Islam dapat diambil beberapa kesimpulan (Resume) diantaranya :
1.      Ciri sebuah agama,yaitu :
a.       Memiliki kitab suci yang asli (autentik).
b.      Memiliki Nabi.
c.       Memiliki tanah suci .
2.      Pluralisme Agama adalah suatu paham yang mengajarkan bahwa semua Agama adalah sama dan karenannya kebenaran setiap agama adalah relatif; oleh sebab itu, setiap pemeluk agama tidak boleh mengklaim bahwa hanya agamanya saja yang benar sedangkan agama yang lain salah. Pluralisme juga mengajarkan bahwa semua pemeluk agama akan masuk dan hidup berdampingan disurga.
3.      Pluralitas Agama adalah sebuah kenyataan bahwa dinegara atau daerah tertentu terdapat berbagai pemeluk agama yang hidup secara berdampingan.
4.      Liberalisme adalah memahami nash-nash agama
(al-Quran dan Sunnah) dengan menggunakan akal pikiran yang bebas; dan hanya menerima doktrin-doktrin agama yang selalu dengan akal pikiran semata
5.      Ketentuan Hukum.Pluralisme, Sekularisme dan Liberalisme Agama
sebagaimana dimaksud pada bagian pertama adalah paham yang bertentangan dengan ajaran agama Islam.
6.      Aliran yang tidak mempercayai hadits Nabi Muhammad SAW sebagai sumber hukum syari’at Islam, adalah sesat menyesatkan dan berada diluar agama Islam.
7.      Kepada mereka yang secara sadar atau tidak, telah mengikuti aliran tersebut, agar segera bertaubat.
8.      Menyerukan kepada umat Islam untuk tidak terpengaruh dengan aliran yang sesat itu.
9.      Mengharapkan kepada para Ulama untuk memberikan bimbingan dan petunjuk bagi mereka yang ingin bertaubat.
10.  Meminta dengan sangat kepada Pemerintah agar mengambil tindakan tegas berupa larangan terhadap aliran yang tidak mempercayai hadits Nabi Muhammad SAW sebagai sumber syari’at Islam.
11.  Mata kuliah ini bertujuan, agar peserta didik mengetahui dan memahami aliran-aliran modern dalam Islam, sejak adanya pemikiran-pemikiran dan usaha-usaha pembaharuan periode modern Al-Arabia, At-Tahtowi, Jamaludin Al-Afghani, M.Abduh dan pengikutnya serta Toha Hussein, dan perkembangan selanjutnya terutama untuk konteks di Indonesia dengan adanya aliran yang dianggap menyimpang dari ‘Aqidah dan Syari’ah Islam.   
12.  Tinjauan Terhadap Ajaran/Faham, yaitu :
a.       Ahmadiyah pimpinan mirza ghulam ahmad
b.      Kerajaan tuhan pimpinan lia aminudin “lia eden”
c.       Perguruan mahesa kurung almukarommah (mk)
d.      Pimpinan habib faridlol atros alkindy di bogor.
e.       Ngaji diri, syahadat bogor, panjalu siliwangi pajaran
f.       Pimpinan romo agus sukarna desa mulyaharja bogor selatan.
g.      “Imam mahdi“ abud syihabudin cisarua bogor .
h.      Gafatar kelanjutan komar dan alqiyadah islamiyah
i.        Ahmad mushoddeq nabi palsu dari gunung bunder bogor.
j.        Ahmad hariadi mantan mubaligh ahmadiyah.
13.  Istilah  sesat  dalam bahasa arab dhalal . secara harfiah, berarti  dhiddu ar-rasyâd (kebalikan dari petunjuk). secara syar’i, dhalâl berarti inhirâf ‘an al-islâm (menyimpang dari islam). dalam konteks ini, istilah dhalal digunakan untuk menyatakan kekufuran
14.  Dalil Kesesatan, yaitu :
            يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَى رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالا بَعِيدًا
Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya serta pada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya dan kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Siapa saja yang mengingkari Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya dan Hari Akhir sesungguhnya telah sesat sejauh-jauhnya  (QS an Nisa’ [4]: 136).
15.  Asbabun Nuzul Pluralisme
Alkisah, sekelompok pemuka kaum kafir Quraisy mendatangi Rasulullah SAW  dan berkata: "Wahai Muhammad! Ikutlah agama kami, niscaya kami pun akan mengikuti agamamu. Sembahlah tuhan-tuhan kami selama setahun dan kami akan menyembah Tuhanmu dalam setahun". Keesokan harinya, beliau pergi ke Masjidil Haram. Di sana para pemuka Quraisy sedang berkumpul. Lalu Rasulullah SAW berdiri di tengah-tengah mereka. Beliau bacakan wahyu yang baru diterimanya: “Katakanlah, hai orang-orang kafir! Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu pun tidak pernah menjadi penyembah apa yang aku sembah. Bagimu agamamu dan bagiku agamaku.” (QS al-Kaafirun) 109:1-6
16.  Keberadaan Rumah Ibadah  Di Indonesia Sejak 1977 - 2004 (Selama 27 Tahun), yaitu :
a.       Islam dari 392.044 Masjid jadi 643.834 naik 64 %
b.      Kristen Protestan Gereja dari 18.977 menjadi 43.909  naik 131 %.
c.       Katolik Gereja dari 4.394 jadi 12.473 naik 153 %.
d.      Budha Vihara dari 1.523 jadi 7.129  naik 368 %.
e.       Hindhu dari 4.247 Pura jadi 24.431 naik 475,25 %
17.  Faktor-Faktor Kesesatan, yaitu :
a.       KEYAKINAN :  Allah mempunyai sekutu, al-Quran bukan kalam Allah, mengingkari “ kewajiban jihad, keharaman minum khomar, kebenaran syariah Islam “.
b.      KERAGUAN (syak) : meragukan bahwa Allah satu; ragu bahwa Muhammad utusan Allah (menambah kalimat syahadat) , ragu kewajiban Shalat, Puasa Romadhon, Zakat, Ibadah Haji.
c.        PERNYATAAN (qawl):  Isa anak Allah; Islam adalah agama buatan Muhammad; al-Quran adalah karya Muhammad , mengaku  Nabi, Malaikat Jibril, Imam Mahdi  atau “Titisan Allah” bahkan Tuhan. Menambah kalimah Syahadat “Wa asyhadu ana Raden Aria Badra Rasuulalloh” faham kelompok “Syahadat Bogor , Panjalu Siliwangi Pajajaran “ di Bogor .
d.      PERBUATAN (fi’l) :  menyembah matahari; sembahyang di gereja sebagaimana tata cara sembahyang kaum Kristen , menyembah berhala, shalat telanjang. Sholat billingual (dua bahasa), doa lintas agama,Natal bersama,Nikah  beda Agama.
18.  Sebahagian manusia lebih percaya kepada hal-hal yang mustahil bertentangan dengan akal dan syari’at islam yang terjadi saat ini .
19.  10 Kriteria Aliran Sesat Menurut Mui Pusat, yaitu :
a.       Mengingkari Rukun Iman dan Rukun Islam.
b.      Meyakini dan atau mengikuti akidah yang  tidak sesuai dalil syar`I (Al-Quran dan  as-Sunnah)
c.       Meyakini turunnya wahyu setelah  Al-Quran .
d.      Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran  isi  Al-Quran
e.       Melakukan penafsiran Al-Quran yang tidak berdasarkan kaidah tafsir
f.       Mengingkari kedudukan hadis Nabi sebagai sumber ajaran Islam.
g.      Melecehkan dan atau merendahkan para  Nabi dan Rasul .
h.      Mengingkari Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul terakhir 
i.        Mengubah pokok-pokok ibadah   yang telah  ditetapkan syariat.
j.        Mengkafirkan sesama Muslim tanpa dalil  syar'i

20.  Fungsi Al Quran (Q.S.Albaqoroh 2:185), yaitu :
a.       Hudan (petunjuk) bagi manusia.
b.      Bayyinaatin minal hudaa (penjelasan mengenai  petunjuk-petunjuk) tersebut. 
c.       Alfurqan ( pembeda antara yang haq dan yang bathil )
21.  Saat ini tahun 1.431 Hijriyyah yang berarti Rasulullah SAW telah wafat selama 1.431 – 10 tahun hidup di Madinah = telah 1.421 tahun beliau berpulang ke Rahmatullah.Perjalanan waktu yang sangat panjang sepeninggal Rasulullah SAW “ bisa dan akan terjadi penyimpangan”, seperti tak sedikit anak tokoh Islam yang dahulu ayahnya menentang Ahmadiyah, namun , kini anaknya mati-matian membela Ahmadiyah dan aliran sesat lainnya
22.  Dosa besar bagi yang mengakui telah menerima wahyu setelah nabi muhammad saw dan orang yang mempercayai dan membela  ahmadiyah
23.  Ahmadiyah dengan NABI PALSUNYA MIRZA GHULAM AHMAD
24.  Mirza Ghulam Ahmad lahir di Qodian India tahun 1835 meninggal tahun 1908. Pusat  kedudukan Ahmadiyah di London saat ini dipimpin  oleh Khalifah yang ke V (kelima) yaitu Hadhrat Mirza Masroor Ahmad. Di Indonesia Ahmadiyah pecah menjadi 2 (dua) kelompok,
a.       AHMADIYAH LAHORE atau GAI (Gerakan Ahmadiyah Indonesia) , Kantor Pusat di Jogyakarta.
b.      AHMADIYAH QODIYANI atau JAI (Jema’at Ahmadiyah Indonesia) di Kampus ALMUBAROK, Desa Pondok Udik Jln.Raya Parung Bogor, sekarang di Jalan Balik Papan Jakarta.
25.   Kebohongan Ahmadiyah Syahadat kami adalah syahadat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yang berbunyi: “Asyhadu anlaa-ilaaha illallahu wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah.
26.  Kaum Ahmadiyah mengklaim bahwa Mirza Ghulam Ahmad adalah juga Muhammad dan Rasul Allah. Simaklah buku Memperbaiki Kesalahan (Eik Ghalthi Ka Izalah), karya Mirza Ghulam Ahmad, yang dialih bahasakan oleh H.S. Yahya Ponto, (terbitan
27.  Ahmadiyah menganggap ada Wahyu yang turun setelah Al-Quran  yaitu Kitab Tadzkirah dan ada lagi Nabi setelah Nabi Muhammad SAW yaitu Mirza Ghulam Ahmad.  Sekalipun Juru bicara Ahmadiyah Bogor Dr.Sukmana Soma di Radar Bogor 5 Agustus 2005 menolak Tadzkirah sebagai  Kitab Suci : Tadzkirah itu hanya mimpi-mimpi yang dicatat . Mimpi seseorang yang dicatat dengan baik. Jayabaya punya mimpi dan dicatat enggak ada yang protes.  Saya sendiri sebagai jema’at Ahmadiyah tidak memiliki Tadzkirah itu “.  
28.  Kata Pengantar buku tersebut  kami kutip sebagai berikut : Alhamdulillah, Segala puji kepunyaan Allah sehingga atas rahmat dan karuniaNyalah Guru Besar Pusat Perguruan MAHESA KURUNG AL-MUKAROMMAH , AL’MUKAROM AL’HABIB FARIDHAL ATTROS ALKINDHY, menjadi suatu buku : Kitab Risalah Al Mukarommah 1 . Suatu buku yang luar biasa, karena apa yang ditulis di buku ini belum pernah ditulis orang sebelumnya. Buku ini sangat layak dan cocok untuk dijadikan referensi. Itulah sebabnya buku ini kami buat dalam hard cover plus kotak, sehingga Insya Allah, akan awet bertahun-tahun dan siap menjawab banyak permasalahan yang dihadapi oleh kita semua dalam kehidupan sehari-hari. Memang buku ini sangat layak diwariskan kepada anak cucu kita, agar mereka juga bisa ikut menikmati luasnya khasanah ilmu pengetahuan Islam, Al-Quran maupun khasanah ilmu pengetahuan Perguruan Mahesa Kurung Al-Mukarommah “. 
29.  Maka Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, yang salah satu diantara tugasnya adalah : sebagai  pelindung dan pengayom serta penyelamat aqidah umat Islam ,  telah memutuskan dengan Fatwanya pada copi lampiran 15
30.  Agus sukarna oleh pengikutnya dan dirinya mengaku bergelar romo. gelar romo dalam wacana teologi(keyakinan keagamaan) adalah pimpinan spiritual agama katolik.dalam wacana ke indonesiaan sering diartikan dengan bapak, orang tua.
31.  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor menfatwakan bahwa  Perguruan Mahesa Kurung (MK) Almukarommah adalah sesat dan menyesatkan.Kenapa difatwakan sesat dan menyesatkan?Jawabannya adalah : Bila ada seorang Islam , tidak mengerjakan shalat, dia termasuk sesat, namun kesesatannya belum tentu (tidak) menyesatkan orang lain.
32.  Abah M.K. yang menamakan dirinya Al’Mukarrom Asy Syayyidi Al ’Habib Faridhal Attross Al’Kindhy sebagai inspirator ajaran , dan
33.  Ir. Lisman Sumardjani MBA, sebagai Ketua Dewan Guru , yang menjabarkan dan membela mati – matian ajaran Abah M.K .
34.  Bahkan menggugat MUI Kabupaten Bogor dan 11 Kiyai & Pengurus MUI  ke Pengadilan  dengan tuntutan ganti rugi     Rp 506 milyard rupiah.
35.  Dalam kaca mata Syari’at Islam kedua-duanya serta ajarannya masuk kelompok“ dlollun mudlillun = sesat dan menyesatkan “ , karena kesesatan mereka berdua , telah menyesatkan 23.000.000  anggautanya, dan menyesatkan simpatisannya.
36.  Pemimpin alqiyadah islamiyah mengaku nama ahmad moshaddeq nama sebenarnya h.abdussalam atau h.salam . umur  65 tahun, pensiunan pns (pegawai negeri sipil) diknas dki jakarta.pendidikan terakhir sto (sekolah tinggi olah raga),. pernah menjadi pelatih bulu tangkis di pbsi (persatuan bulu tangkis seluruh indonesia) pusat sampai dengan tahun 1972 saat pbsi dipimpin oleh pak tri sutrisno.nama istri hjh.waginem pensiunan guru al azhar kemang.sampai tahun 2002 mengaku sebagai  al mala al awwal  (pemimipin tertinggi) alqiyadah islamiyah,dan sejak 23 juli 2006 menyatakan dirinya sebagai almasih almaw’ud rasulullah .
37.  Pokok – pokok ajaran alqiyadah islamiyah, yaitu :
a.       Rasulullah muhammad saw telah berakhir masa tugasnya sampai saat tahun 1.400 hijriyyah.
b.      Allah swt telah mengutus rasul baru yaitu ahmad mushaddeq yang menamakan dirinya  “ rasul al-masih almawu’ud “.
c.       Mengganti syahadat dengan” asyhadu anlaa ilaha  illallah wa  asyahadu anna almasih almawu’ud rasulullah
d.      Kitab sucinya tetap al quran tapi mereka berkeyakinan al quran tinggal tulisan sedang ruh nya sudah hilang sejak 1.300 yang lalu.
e.       Sholat lima waktu tidak wajib karena saat sekarang sudah kembali menjadi periode Mekkah karena tidak berlakunya hukum Islam  ( Al-Quran dan Hadits ).
f.       Yang wajib adalah Qiyamul-lail  (shalat malam ) dan sholat waktu terbit matahari dan waktu terbenamnya matahari seperti yang dilakukan Rasul Muhammad  SAW sewaktu priode Mekkah.
g.      Anggauta mereka yang lalai mengerjakan sholat malam   (QIYAMUL LAIL) dikenakan harus membayar penebusan dosa (kafarat) dan besar kafarot tersebut tergantung dari ketetapan atas mereka
38.  Sesuai pengakuan h.abdussalam alias  ahmad mushoddeq yang akan mengembangkan sayap organisasinya, seperti  pepatah : mati satu tumbuh seribu.maka setelah alqiyadah islamiyah dilarang.ganti nama menjadi komar (komunitas millah abraham) yang dilarang pula.ditenggarai gerakan ahmad mushoddeq  dan konco-konconya telah membuat  GAFATAR (gerakan fajar nusantara) faham/ajarannya tetap sama , dengan nama yang berbedateringat kita dengan pelarangan darul hadits, menjadi islam jama’ah, menjadi lemkari, menjadi ldii, dan saat ini merubah nama menjadi LDII  paradigma baru.
39.  Bahwa Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara) adalah reinkarnasi dan metamorfosis dari alqiyadah islamiyah yang telah dilarang.komar (komunitas millah abraham) yang telah dilarangdan dibubarkan diberbagai daerah. dimana ajaran dan faham yang diajarkan dan dianut pimpinan dan pengikutnya adalahalqiyadah islamiyah dan komar (komunitas millah abraham) yang sesat dan menyesatkan.  
40.  Kewajiban negara pada hakekatnya adalah mengurus urusan rakyat dan melindungi rakyat  dari berbagai bahaya
 اَلإِمَامُ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه.
Karena negara memiliki  kekuatan yang mengikat berupa hukum dan seperangkat aturan. Terkait maraknya aliran sesat semestinya negaralah yang berkewajiban melindungi aqidah dan   keyakinan rakyatnya.
41.  Selama Indonesia berlandaskan sekulerisme, liberalisme dan pluralisme, sepertinya pemberantasan berbagai aliran sesat tidak akan banyak memberikan harapan.  Semua ini hanya mungkin dilakukan jika syariah Islam diterapkan secara total dalam sistem pemerintahan Islam.
42.  Menjadikan rumah sebagai tempat dan sarana untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian islami pada diri anak (takwin wa tanmiyah asy-syakhshiyyah al-islâmiyyah). Dengan itu anak mampu membentengi dirinya dari pengaruh-pengaruh buruk yang ada di sekitarnya.
43.  Membangun relasi islami di antara anggota keluarga dan lingkungan sekitar dengan cara menerapkan syariah Islam dalam lingkup individu dan keluarga; juga bersama keluarga-keluarga lain bahu-membahu menciptakan suasana islami serta menegakkan amar makruf nahi mungkar di tengah-tengah keluarga dan lingkungan sekitar.
44.  Peliharalah Dirimu Dan Keluargamu Dari Siksa Api Neraka