TGL
PENYERAHAN RESUME :
NAMA : BADRUSSALAM MUCHTAR,
S.Pd.I
UTUSAN : MATHLA’UL ANWAR
MATA
KULIAH : ALIRAN MODERN DALAM ISLAM
DOSEN : KH. KHAERUL YUNUS
JENIS
TUGAS : RESUME
TGL.
MATERI : SABTU, 06 JULI 2013
Dari
Mata Kuliah Aliran Modern Dalam Islam dapat diambil beberapa kesimpulan
(Resume) diantaranya :
1. Ciri sebuah agama,yaitu :
a. Memiliki kitab suci yang asli (autentik).
b. Memiliki Nabi.
c. Memiliki tanah suci .
2. Pluralisme Agama
adalah suatu paham yang mengajarkan bahwa semua Agama adalah sama dan
karenannya kebenaran setiap agama adalah relatif; oleh sebab itu, setiap
pemeluk agama tidak boleh mengklaim bahwa hanya agamanya saja yang benar
sedangkan agama yang lain salah. Pluralisme juga mengajarkan bahwa semua
pemeluk agama akan masuk dan hidup berdampingan disurga.
3. Pluralitas Agama
adalah sebuah kenyataan bahwa dinegara atau daerah tertentu terdapat berbagai
pemeluk agama yang hidup secara berdampingan.
4. Liberalisme adalah
memahami nash-nash agama
(al-Quran dan Sunnah) dengan menggunakan akal pikiran yang bebas; dan hanya menerima doktrin-doktrin agama yang selalu dengan akal pikiran semata
(al-Quran dan Sunnah) dengan menggunakan akal pikiran yang bebas; dan hanya menerima doktrin-doktrin agama yang selalu dengan akal pikiran semata
5. Ketentuan
Hukum.Pluralisme, Sekularisme dan Liberalisme Agama
sebagaimana dimaksud pada bagian pertama adalah paham yang bertentangan dengan ajaran agama Islam.
sebagaimana dimaksud pada bagian pertama adalah paham yang bertentangan dengan ajaran agama Islam.
6. Aliran yang tidak
mempercayai hadits Nabi Muhammad SAW sebagai sumber hukum syari’at Islam,
adalah sesat menyesatkan dan berada diluar agama Islam.
7. Kepada mereka yang
secara sadar atau tidak, telah mengikuti aliran tersebut, agar segera
bertaubat.
8. Menyerukan kepada
umat Islam untuk tidak terpengaruh dengan aliran yang sesat itu.
9. Mengharapkan kepada
para Ulama untuk memberikan bimbingan dan petunjuk bagi mereka yang ingin
bertaubat.
10. Meminta dengan
sangat kepada Pemerintah agar mengambil tindakan tegas berupa larangan terhadap
aliran yang tidak mempercayai hadits Nabi Muhammad SAW sebagai sumber syari’at
Islam.
11. Mata kuliah ini
bertujuan, agar peserta didik mengetahui dan memahami aliran-aliran modern
dalam Islam, sejak adanya pemikiran-pemikiran dan usaha-usaha pembaharuan
periode modern Al-Arabia, At-Tahtowi, Jamaludin Al-Afghani, M.Abduh dan
pengikutnya serta Toha Hussein, dan perkembangan selanjutnya terutama untuk
konteks di Indonesia dengan adanya aliran yang dianggap menyimpang dari ‘Aqidah
dan Syari’ah Islam.
12. Tinjauan Terhadap Ajaran/Faham, yaitu :
a. Ahmadiyah pimpinan mirza ghulam ahmad
b. Kerajaan tuhan pimpinan lia aminudin “lia
eden”
c. Perguruan mahesa kurung almukarommah (mk)
d. Pimpinan habib faridlol atros alkindy di
bogor.
e. Ngaji diri, syahadat bogor, panjalu
siliwangi pajaran
f. Pimpinan romo agus sukarna desa mulyaharja
bogor selatan.
g. “Imam mahdi“ abud syihabudin cisarua bogor
.
h. Gafatar kelanjutan komar dan alqiyadah
islamiyah
i.
Ahmad mushoddeq nabi palsu dari gunung bunder bogor.
j.
Ahmad hariadi mantan mubaligh ahmadiyah.
13. Istilah sesat
dalam bahasa arab dhalal . secara harfiah, berarti dhiddu ar-rasyâd (kebalikan dari petunjuk).
secara syar’i, dhalâl berarti inhirâf ‘an al-islâm (menyimpang
dari islam). dalam konteks ini, istilah dhalal digunakan untuk menyatakan
kekufuran
14. Dalil Kesesatan, yaitu :
يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ
عَلَى رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ وَمَنْ يَكْفُرْ
بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ
ضَلالا بَعِيدًا
Wahai orang-orang
yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya serta pada kitab yang
Allah turunkan kepada Rasul-Nya dan kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Siapa saja yang mengingkari Allah, Malaikat-malaikat-Nya,
Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya dan Hari Akhir sesungguhnya telah sesat
sejauh-jauhnya (QS an Nisa’ [4]:
136).
15. Asbabun Nuzul Pluralisme
Alkisah,
sekelompok pemuka kaum kafir Quraisy mendatangi Rasulullah SAW dan berkata: "Wahai Muhammad! Ikutlah
agama kami, niscaya kami pun akan mengikuti agamamu. Sembahlah tuhan-tuhan kami
selama setahun dan kami akan menyembah Tuhanmu dalam setahun".
Keesokan harinya, beliau pergi ke Masjidil Haram. Di sana para pemuka Quraisy
sedang berkumpul. Lalu Rasulullah SAW berdiri di tengah-tengah mereka. Beliau bacakan wahyu yang baru diterimanya: “Katakanlah, hai
orang-orang kafir! Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, dan kamu
bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah
apa yang kamu sembah, dan kamu pun tidak pernah menjadi penyembah apa yang aku
sembah. Bagimu agamamu dan bagiku agamaku.” (QS al-Kaafirun) 109:1-6
16. Keberadaan Rumah Ibadah Di Indonesia Sejak 1977 - 2004 (Selama 27
Tahun), yaitu :
a. Islam dari 392.044 Masjid jadi 643.834 naik
64 %
b.
Kristen Protestan Gereja dari 18.977 menjadi 43.909 naik 131 %.
c.
Katolik Gereja dari 4.394 jadi 12.473 naik 153 %.
d.
Budha Vihara dari 1.523 jadi 7.129
naik 368 %.
e. Hindhu dari 4.247 Pura jadi 24.431 naik 475,25 %
17. Faktor-Faktor Kesesatan, yaitu :
a. KEYAKINAN : Allah mempunyai sekutu, al-Quran
bukan kalam Allah, mengingkari “ kewajiban jihad, keharaman minum khomar,
kebenaran syariah Islam “.
b. KERAGUAN (syak) :
meragukan bahwa Allah satu; ragu bahwa Muhammad utusan Allah (menambah kalimat
syahadat) , ragu kewajiban Shalat, Puasa Romadhon, Zakat, Ibadah Haji.
c. PERNYATAAN (qawl): Isa anak Allah; Islam adalah agama buatan
Muhammad; al-Quran adalah karya Muhammad , mengaku Nabi, Malaikat Jibril, Imam Mahdi atau “Titisan Allah” bahkan Tuhan. Menambah
kalimah Syahadat “Wa asyhadu ana Raden Aria Badra Rasuulalloh” faham kelompok
“Syahadat Bogor , Panjalu Siliwangi Pajajaran “ di Bogor .
d. PERBUATAN (fi’l) : menyembah
matahari; sembahyang di gereja sebagaimana tata cara sembahyang kaum Kristen ,
menyembah berhala, shalat telanjang. Sholat billingual (dua bahasa), doa lintas
agama,Natal bersama,Nikah beda Agama.
18. Sebahagian manusia lebih percaya kepada hal-hal yang mustahil bertentangan
dengan akal dan syari’at islam yang terjadi saat ini .
19. 10 Kriteria Aliran Sesat Menurut Mui Pusat, yaitu :
a. Mengingkari Rukun Iman dan Rukun Islam.
b. Meyakini dan atau mengikuti akidah
yang tidak sesuai dalil syar`I (Al-Quran
dan as-Sunnah)
c. Meyakini turunnya wahyu setelah Al-Quran .
d. Mengingkari otentisitas dan atau
kebenaran isi Al-Quran
e. Melakukan penafsiran Al-Quran yang tidak
berdasarkan kaidah tafsir
f. Mengingkari kedudukan hadis Nabi sebagai
sumber ajaran Islam.
g. Melecehkan dan atau merendahkan para Nabi dan Rasul .
h. Mengingkari Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul terakhir
i.
Mengubah pokok-pokok ibadah yang
telah ditetapkan syariat.
j.
Mengkafirkan sesama Muslim tanpa dalil
syar'i
20. Fungsi Al Quran (Q.S.Albaqoroh 2:185), yaitu :
a.
Hudan (petunjuk) bagi manusia.
b.
Bayyinaatin minal hudaa (penjelasan mengenai petunjuk-petunjuk) tersebut.
c. Alfurqan ( pembeda antara yang haq
dan yang bathil )
21. Saat ini tahun 1.431
Hijriyyah yang berarti Rasulullah SAW telah wafat selama 1.431 – 10 tahun hidup
di Madinah = telah 1.421 tahun beliau berpulang ke Rahmatullah.Perjalanan waktu
yang sangat panjang sepeninggal Rasulullah SAW “ bisa dan akan terjadi
penyimpangan”, seperti tak sedikit anak tokoh Islam yang dahulu ayahnya
menentang Ahmadiyah, namun , kini anaknya mati-matian membela Ahmadiyah dan
aliran sesat lainnya
22. Dosa besar bagi yang mengakui telah
menerima wahyu setelah nabi muhammad saw dan orang yang mempercayai dan
membela ahmadiyah
23. Ahmadiyah dengan NABI PALSUNYA MIRZA GHULAM AHMAD
24. Mirza Ghulam Ahmad lahir di Qodian India
tahun 1835 meninggal tahun 1908. Pusat
kedudukan Ahmadiyah di London saat ini dipimpin oleh Khalifah yang ke V (kelima) yaitu
Hadhrat Mirza Masroor Ahmad. Di Indonesia Ahmadiyah pecah menjadi 2 (dua)
kelompok,
a. AHMADIYAH LAHORE atau GAI (Gerakan
Ahmadiyah Indonesia) , Kantor Pusat di Jogyakarta.
b. AHMADIYAH QODIYANI
atau JAI (Jema’at Ahmadiyah Indonesia) di Kampus ALMUBAROK, Desa Pondok Udik
Jln.Raya Parung Bogor, sekarang di Jalan Balik Papan Jakarta.
25.
Kebohongan
Ahmadiyah Syahadat kami adalah syahadat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW
yang berbunyi: “Asyhadu anlaa-ilaaha illallahu wa asyhadu anna Muhammadar
Rasulullah.
26. Kaum Ahmadiyah mengklaim bahwa Mirza Ghulam
Ahmad adalah juga Muhammad dan Rasul Allah. Simaklah buku Memperbaiki Kesalahan
(Eik Ghalthi Ka Izalah), karya Mirza Ghulam Ahmad, yang dialih bahasakan
oleh H.S. Yahya Ponto, (terbitan
27. Ahmadiyah menganggap
ada Wahyu yang turun setelah Al-Quran
yaitu Kitab Tadzkirah dan ada lagi Nabi setelah Nabi Muhammad SAW yaitu
Mirza Ghulam Ahmad. Sekalipun Juru
bicara Ahmadiyah Bogor Dr.Sukmana Soma di Radar Bogor 5 Agustus 2005 menolak
Tadzkirah sebagai Kitab Suci : Tadzkirah
itu hanya mimpi-mimpi yang dicatat . Mimpi seseorang yang dicatat dengan baik. Jayabaya punya mimpi dan
dicatat enggak ada yang protes. Saya sendiri sebagai jema’at Ahmadiyah tidak memiliki Tadzkirah itu “.
28. Kata Pengantar buku
tersebut kami kutip sebagai berikut :
Alhamdulillah, Segala puji kepunyaan Allah sehingga atas rahmat dan
karuniaNyalah Guru Besar Pusat Perguruan MAHESA KURUNG AL-MUKAROMMAH ,
AL’MUKAROM AL’HABIB FARIDHAL ATTROS ALKINDHY, menjadi suatu buku : Kitab
Risalah Al Mukarommah 1 . Suatu buku yang
luar biasa, karena apa yang ditulis di buku ini belum pernah ditulis orang
sebelumnya. Buku ini sangat layak
dan cocok untuk dijadikan referensi. Itulah sebabnya buku ini kami buat dalam
hard cover plus kotak, sehingga Insya Allah, akan awet bertahun-tahun dan siap
menjawab banyak permasalahan yang dihadapi oleh kita semua dalam kehidupan
sehari-hari. Memang buku ini sangat layak diwariskan kepada anak cucu kita,
agar mereka juga bisa ikut menikmati luasnya khasanah ilmu pengetahuan Islam,
Al-Quran maupun khasanah ilmu pengetahuan Perguruan Mahesa Kurung Al-Mukarommah
“.
29. Maka Majlis Ulama
Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, yang salah satu diantara tugasnya adalah :
sebagai pelindung dan pengayom serta
penyelamat aqidah umat Islam , telah
memutuskan dengan Fatwanya pada copi lampiran 15
30. Agus sukarna oleh pengikutnya dan dirinya
mengaku bergelar romo. gelar romo dalam wacana teologi(keyakinan keagamaan) adalah pimpinan
spiritual agama katolik.dalam wacana ke indonesiaan sering diartikan dengan
bapak, orang
tua.
31. Majelis Ulama
Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor menfatwakan bahwa Perguruan Mahesa Kurung (MK) Almukarommah
adalah sesat dan menyesatkan.Kenapa difatwakan sesat dan menyesatkan?Jawabannya
adalah : Bila ada seorang Islam , tidak mengerjakan shalat, dia termasuk sesat,
namun kesesatannya belum tentu (tidak) menyesatkan orang lain.
32. Abah M.K. yang menamakan dirinya
Al’Mukarrom Asy Syayyidi Al ’Habib Faridhal Attross Al’Kindhy sebagai inspirator
ajaran , dan
33. Ir. Lisman Sumardjani MBA, sebagai Ketua Dewan Guru , yang menjabarkan dan
membela mati – matian ajaran Abah M.K .
34. Bahkan menggugat MUI Kabupaten Bogor dan 11
Kiyai & Pengurus MUI ke Pengadilan dengan tuntutan ganti rugi Rp 506 milyard rupiah.
35. Dalam kaca mata
Syari’at Islam kedua-duanya serta ajarannya masuk kelompok“ dlollun mudlillun =
sesat dan menyesatkan “ , karena kesesatan mereka berdua , telah menyesatkan
23.000.000 anggautanya, dan menyesatkan
simpatisannya.
36. Pemimpin alqiyadah
islamiyah mengaku nama ahmad moshaddeq nama sebenarnya h.abdussalam atau
h.salam . umur 65 tahun, pensiunan pns
(pegawai negeri sipil) diknas dki jakarta.pendidikan terakhir sto (sekolah
tinggi olah raga),. pernah menjadi pelatih bulu tangkis di pbsi (persatuan bulu
tangkis seluruh indonesia) pusat sampai dengan tahun 1972 saat pbsi dipimpin
oleh pak tri sutrisno.nama istri hjh.waginem pensiunan guru al azhar
kemang.sampai tahun 2002 mengaku sebagai
al mala al awwal (pemimipin
tertinggi) alqiyadah islamiyah,dan sejak 23 juli 2006 menyatakan dirinya
sebagai almasih almaw’ud rasulullah .
37. Pokok – pokok ajaran alqiyadah islamiyah, yaitu :
a. Rasulullah muhammad saw telah berakhir masa
tugasnya sampai saat tahun 1.400 hijriyyah.
b.
Allah swt telah mengutus rasul baru yaitu ahmad mushaddeq yang menamakan
dirinya “ rasul al-masih almawu’ud “.
c.
Mengganti syahadat dengan” asyhadu anlaa ilaha illallah wa
asyahadu anna almasih almawu’ud rasulullah
d. Kitab sucinya tetap al quran tapi mereka
berkeyakinan al quran tinggal tulisan sedang ruh nya sudah hilang sejak 1.300
yang lalu.
e. Sholat lima waktu tidak wajib karena saat
sekarang sudah kembali menjadi periode Mekkah karena tidak berlakunya hukum
Islam ( Al-Quran dan Hadits ).
f. Yang wajib adalah Qiyamul-lail (shalat malam ) dan sholat waktu terbit
matahari dan waktu terbenamnya matahari seperti yang dilakukan Rasul
Muhammad SAW sewaktu priode Mekkah.
g. Anggauta mereka yang lalai mengerjakan
sholat malam (QIYAMUL LAIL) dikenakan
harus membayar penebusan dosa (kafarat) dan besar kafarot tersebut tergantung
dari ketetapan atas mereka
38. Sesuai pengakuan
h.abdussalam alias ahmad mushoddeq yang
akan mengembangkan sayap organisasinya, seperti
pepatah : mati satu tumbuh seribu.maka setelah alqiyadah islamiyah
dilarang.ganti nama menjadi komar (komunitas millah abraham) yang dilarang
pula.ditenggarai gerakan ahmad mushoddeq
dan konco-konconya telah membuat
GAFATAR (gerakan fajar nusantara) faham/ajarannya tetap sama , dengan
nama yang berbedateringat kita dengan pelarangan darul hadits, menjadi islam
jama’ah, menjadi lemkari, menjadi ldii, dan saat ini merubah nama menjadi
LDII paradigma baru.
39. Bahwa Gafatar
(Gerakan Fajar Nusantara) adalah reinkarnasi dan metamorfosis dari alqiyadah
islamiyah yang telah dilarang.komar (komunitas millah abraham) yang telah
dilarangdan dibubarkan diberbagai daerah. dimana ajaran dan faham yang
diajarkan dan dianut pimpinan dan pengikutnya adalahalqiyadah islamiyah dan
komar (komunitas millah abraham) yang sesat dan menyesatkan.
40. Kewajiban negara pada hakekatnya adalah
mengurus urusan rakyat dan melindungi rakyat
dari berbagai bahaya
اَلإِمَامُ رَاعٍ
وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه.
Karena negara
memiliki kekuatan yang mengikat berupa
hukum dan seperangkat aturan. Terkait maraknya aliran sesat semestinya
negaralah yang berkewajiban melindungi aqidah dan keyakinan rakyatnya.
41. Selama Indonesia berlandaskan sekulerisme,
liberalisme dan pluralisme, sepertinya pemberantasan berbagai aliran sesat tidak
akan banyak memberikan harapan. Semua
ini hanya mungkin dilakukan jika syariah Islam diterapkan secara total dalam
sistem pemerintahan Islam.
42. Menjadikan rumah
sebagai tempat dan sarana untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian islami
pada diri anak (takwin wa tanmiyah asy-syakhshiyyah al-islâmiyyah). Dengan itu anak mampu membentengi dirinya dari pengaruh-pengaruh buruk
yang ada di sekitarnya.
43. Membangun relasi
islami di antara anggota keluarga dan lingkungan sekitar dengan cara menerapkan
syariah Islam dalam lingkup individu dan keluarga; juga bersama
keluarga-keluarga lain bahu-membahu menciptakan suasana islami serta menegakkan
amar makruf nahi mungkar di tengah-tengah keluarga dan lingkungan sekitar.
44. Peliharalah Dirimu Dan Keluargamu Dari
Siksa Api Neraka