SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (SESAMA MANUSIA)

Sabtu, 06 Juli 2013

ILMU PENDIDIKAN



TGL PENYERAHAN RESUME      :
NAMA                        : BADRUSSALAM MUCHTAR, S.Pd.I
UTUSAN                    : MATHLA’UL ANWAR
MATA KULIAH       : ILMU PENDIDIKAN
DOSEN                      : KH. U. SUPRIYANI, M. Pd. I
JENIS TUGAS           : RESUME
TGL. MATERI           : SABTU, 29 JUNI 2013       



Dari Mata Kuliah Ilmu Pendidikan dapat diambil beberapa kesimpulan (Resume) diantaranya :
1.      Apabila seseorang menginginkan kebaikan, maka kebaikanlah yang akan didapatinya, dan begitupun sebaliknya, apabila seseorang menginginkan kejelekan, maka kejelekanlah yang akan didapatinya.
ان كان خيرا وخيرا
وان كان شرا وشرا
2.      Seyogyanya bagi generasi penerus, kader regenerisasi untuk lebih dipahami dan dipelajari betul- betul (kesungguhan dan keseriusan), agar mampu menjadi suatu benteng dan pengayom dari masyarakat yang awam.
3.      Tantangan ulama dewasa ini sangat berat dengan masyarakat yang kompleks, dan mulai masuk kedalam ranah akaliah aqidah dari aliran yang menyimpang.
4.      Suatu kemaha besaran Allah SWT menciptakan akal untuk manusia, dan akal adalah suatu kehebatan bagi manusia itu sendiri dalam berfikir dan menentukan berbagai hal dan menjadikan daya problem solving thinking.
5.      Seorang ulama, kiyai, ust, dan kepada para kader generasi penerus (santri), jangan sampai tergelincir dengan godaan duniawi yang pragmatis, maka gunakanlah syariat dan akalnya dalam semua itu untuk mencari kesungguhan dari lurusnya jalan dalam ridho Allah SWT.
6.      Hikmah adalah salah satu yang harus digapai oleh kaum muslimin dan mukminin, maka gapailah hikmah dengan berbagai metode.
7.      Rasulullah SAW menyesuaikan gaya dakwahnya dengan keadaan kondisi dan situasi, dengan tujuan mengenai target sasaran yang hendak digapai sesuai dengan Al- Qur’an.
8.      Dakwah terbagi dua, yaitu :
a.       Dakwah billisan (dengan lisan, seperti ceramah, menasihati dan lainnya)
b.      Dakwah bilhal ( dengan mencontohkan prilaku yang sesuai dari apa yang diperintahkan syariat Islam).
c.       Dari kedua model dakwah diatas, yang lebih dominan bagus adalah, dengan melakukan dakwah bilhal.
9.      Kekuatan dalam beramal, maka jangan disia- siakan, karena mengandung suatu hikmah yang menjadikan pribadi yang unggul.
10.  Kekuatan ekonomi dalam beramal jangan disia- siakan, karena mengandung suatu hikmah saling berbaginya kita dengan orang yang membutuhkan, dan menjadikan ladang amal dalam materi shadaqoh, amal jariyah.
11.  Kekuatan spiritual jangan disia- siakan, karena mengandung hikmah bertambahnya kekuatan bathiniah kita untuk lebih dekat dengan Allah SWT.
12.  Gunakan semua kesempatan, sebelum kesempatan itu hilang ( ingat, lakukan 5 perkara, sebelum 5 perkara).