SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (SESAMA MANUSIA)

Sabtu, 06 Juli 2013

STADIUM GENERAL




TGL PENYERAHAN RESUME      :
NAMA                        : BADRUSSALAM MUCHTAR, S.Pd.I
UTUSAN                    : MATHLA’UL ANWAR
MATA KULIAH       : STADIUM GENERAL
DOSEN                      : Prof. Dr. SYUKRON KAMIL
JENIS TUGAS           : RESUME
TGL. MATERI           : SABTU, 29 JUNI 2013       

 


Dari Stadium General dapat diambil beberapa kesimpulan (Resume) diantaranya :
1.      Kabupaten Bogor adalah kabupaten terbesar di Jawa barat, dan dapat diambil atau dijadikan indikator dalam sesuatu hal.
2.      Problematika Studi Islam, studi Islam masih kuat kepada kepercayaan ( culturalisme).
3.      Seharusnya dalam pendidikan dan pengajaran, murid itu lebih diberdayakan dalam arti lebih aktif, bukan hanya mendengar saja melainkan harus bisa menciptakan suasana belajar secara mandiri.
4.      Agama basisnya adalah kepercayaan, keyakinan yang kadang tidak bisa dibuktikan secara empiris, tetapi wajib secara hati untuk mengimaninya sebagai salah satu ke- Maha Besaran Allah SWT.
5.      Kadangkala ibadah ritual yang mendasar (fundation) digunakan untuk mengingat hal yang lupa, atau lainnya. Yaitu ibadah shalat wajib.
6.      Nilai keislaman dengan akal, dimana tidak ada agama yang tidak menggunakan akalnya, khususnya Islam suatu ajaran yang logis, empiris (kondisonalis empiris).
7.      Dalam penilaian agama Islam khususnya, point rizki tidak perlu banyak, yang penting berkah. Karena berkah memiliki nilai lebih dibandingkan dengan rizki yang banyak tetapi tidak berkah.
8.      Dalam kehidupan ini diibaratkan memainkan peran permainan ular tangga, dimana kita sudah berjalan jauh memiliki indeks prestasi yang tinggi, pada akhirnya bisa jatuh kebawah dengan langsung, jatuhnya kita dikarenakan proses dalam melangkah kita menyalahi aturan, khususnya aturan syariat agama.
9.      Pada hakikatnya dunia bukan uang, melainkan dunia adalah makna dekat, dekat dengan hal yang kita inginkan bisa langsung terlaksana bagaimanapun itu caranya, kecuali orang yang beriman, dan orang beriman tidak sepenuhnya menginginkan yang dekat (dunia) yang sifatnya sementara, hanya senda gurau dan lainnya. Tetapi orang beriman lebih mencari yang jauh (akhir), dan dimaknai akhir itu adalah akhirat. Sehingga seyogyanya orang beriman menjadikan yang dekat ini (dunia) untuk proses pencapaian nilai amal (bekal) untuk nanti di akhir ( di alam akhirat).
10.  Bangunlah usaha (bisnis) diatas kejujuran, karena dengan hal itu akan melanggengkan bisnis kita, dan membuat lebih maju sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW. Dan Allah SWT merahmati kepada orang dengan menggunakan toleransi antara si penjual dan si pembeli.
11.  Dalam kenyataan sekarang, di zaman globalisasi manusia selalu melakukan hal praktis sesuai dengan teori pragmatis ( Theory Pramgmatism ) dimana segala sesuatu yang dilakukan dan ingin dirasakan manfaat yang langsung.
12.  Dalam ajaran Islam, ada beberapa hal yang sifatnya darurat, kondisional, dan ada ‘illat yang bisa menggunakan teori pragmatis.
13.  Zina itu adalah salah satu kriminalitas dalam kehidupan, karena dari hasil zina (anaknya) akan berdampak kepada kehidupan secara psikologis human sociality anak tersebut secara keseluruhan ( effect all problematisme).
14.  Dalam fiqih, ada 2 aliran yang menggunakan daya akal, yaitu :
a.       Mazhab Ahlul Hadits ( Imam Maliki)
b.      Mazhab Ahlul Ra’yi ( Imam Syafei)
15.  Terorisme adalah sebagian orang yang besar tinggi secara ruhul’ibadah, tetapi sangat dangkal dalam ilmu pengetahun baik agama ataupun sosial masyarakat ( umum ).
16.  Manajemen pribadi lebih mudah (secara aturan dinamis) dibanding memanej orang lain.
17.  Studi Islam keyakinan di dunia ( besaran di dunia Islam) yang ekask dengan ushul (prinsip) dari tauhidiah, nubuwwah, dan al- akhirah ada 3, yaitu :
a.       Sunni
b.      Syiah
c.       Mu’tazilah
18.  Kebudayaan yang dapat diukur dengan melalui penelitian ( reseach), yaitu :
a.       Indra ( anggota tubuh)
b.      Rohani (akal)
c.       Iluminasi ( wahyu)