SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (SESAMA MANUSIA)

Selasa, 09 Juli 2013

STADIUM GENERAL




TGL PENYERAHAN RESUME      :
NAMA                        : BADRUSSALAM MUCHTAR, S.Pd.I
UTUSAN                    : MATHLA’UL ANWAR
MATA KULIAH       : STADIUM GENERAL
DOSEN                      : TEKTANO GRADIANTO SATRIO (TENDI)
JENIS TUGAS           : RESUME
TGL. MATERI           : SABTU, 06 JULI 2013       

 


Dari Mata Kuliah Stadium General dapat diambil beberapa kesimpulan (Resume) diantaranya :
1.      Sejarah berdirinya Dompet Dhuafa :
a.       bekerjasama dengan Corps Dakwah Pedesaan (CDP) di Yogyakarta, tanggal 23 Juni 1993, Pimpinan Harian Republika, Parni Hadi, meminta karyawan Republika untuk membayar zakat secara bersama- sama dan berkelanjutan.
b.      02 Juli 1993, tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) tersebut diberi nama Dompet Dhuafa Republika (DD).
c.       Dompet Dhuafa Republika dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZ) oleh Departemen Agama pada 10 Oktober 2001.
2.      Dompet Dhuafa muncul atau lahir urutan nomer ke tiga setelah IDSM dan Bazda DKI.
3.      Visi Dompet Dhuafa adalah “  Terwujudnya masyarakat Internasional yang berdaya, melalui pelayanan, pembelaan, dan pemberdayaan yang berkeadilan.
4.      Misi Dompet Dhuafa adalah :
a.       Menjadi gerakan masyarakat dunia yangmendoorong perubahan tatanan dunia yang harmonis.
b.      Mendorong sinergi dan penguatan jaringan kemanusiaan, dan pemberdayaan masyarakat global.
c.       Membangun lembaga berkelas dunia dalam  pelayanan, pembelaan, dan pemberdayaan.
d.      Meningkatkan kemandirian, independensi dan akuntabilitas lembaga dalam pengelolaan SDM global.
5.      Dompet Dhuafa mengeluarkan anggaran paling besar untuk bidang Kesehatan dan Pendidikan sampai 70 %, dan 30 % lagi untuk bidang lainnya. Kenapa 70 % untuk bidang Kesehatan dan Pendidikan, dikarenakan dua bidang ini yang dianggap masih banyak perlu pengembangan, bantuan, dan pengawasan demi tercapainya suatu kesejahteraan, kestabilan, peningkatan SDM yang mampu bersaing dalam tantangan dunia global.
6.      Pedapatan atau penerimaan Dompet Dhuafa mencapai angka 10 milyar.
7.      Staf pegawai Dompet Dhuafa untuk di pusat sebanyak 120 orang.
8.      Dompet Dhuafa mendirikan anak cabang hanya sampai tingkat Provinsi saja, tidak kedalam area kabupaten, dengan alasan dikarenakan area kabupaten sudah ada Bazis / Bazda.
9.      Dompet Dhuafa adalah salah satu yang terbesar di Indonesia dalam penghimpunan zakat, infaq, shadaqoh, waqaf, dan sebagainya.
10.  Donatur tetap Dompet Dhuafa mencapai ± 60.000 donatur.
11.  Program Dompet Dhuafa diantaranya :
a.       Kesehatan
b.      Pendidikan
c.       Relief
d.      Ekonomi
e.       Advokasi
12.  Media Dompet Dhuafa itu meliputi :
a.       Swara cinta
b.      Deras
c.       Website
d.      Radio Suara Cinta
e.       Zakat TV
f.       Buku
13.  Waqaf Dompet Dhuafa, mencangkup kegiatan waqaf dalam kegiatan :
a.       Waqaf tunai
b.      Waqaf pohon
c.       Rumah sewa
d.      Properti sosial
e.       Komersial
f.       Waqaf sekolah
14.  Dalam bisnis sosial Dompet Dhuafa, mencangkup :
a.       Dompet Dhuafa Consult
b.      Dompet Dhuafa Konstruksi
c.       THK (tebar hewan qurban)
d.      Dompet Dhuafa Life Stock
e.       Dompet Dhuafa Water
f.       Second Store
g.      Dompet Dhuafa Travel
h.      BMT