SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (SESAMA MANUSIA)

Rabu, 19 Juni 2013

ILMU PENDIDIKAN




TGL PENYERAHAN RESUME      :
NAMA                        : BADRUSSALAM MUCHTAR, S.Pd.I
UTUSAN                    : MATHLA’UL ANWAR
MATA KULIAH       : ILMU PENDIDIKAN
DOSEN                      : KH. U. SUPRIYANI, M.Pd.I
JENIS TUGAS           : RESUME
TGL. MATERI           : 01 JUNI 2013          




Dari Mata Kuliah Ilmu Pendidikan dapat diambi beberapa kesimpulan (Resume) diantaranya :
  1. Belajar pada hakikatnya wajib dan tiad hentinya sesuai dengan perintah Nabi Muhammad SAW. “Mencari ilmu wajib bagi muslim dan mukmin baik laki-laki ataupun perempuan dari sejak lahir sampai wafat.
  2. Dalam pendidikan tantangan didalamnya sangat luar biasa berat
  3. Pendidikan adalah suatu usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat UUD
  4. Disamping belajar diperlukan juga pengalaman karena pengalaman adalah guru yang paling baik (the best of teacher is experimen) 
  5. Tugas kita sebagai kader untuk meneruskan perjuangan para pendidik terdahulu untuk menjadikan bangsa dan negara yang berkualitas
  6. Tugas kita selaku kader untuk menegakkan syariat Islam dalam berbangsa dan bernegara dengan tidak menyampingkan pancasila sebagai dasar negara.
  7. Tugas yang paling berat adalah mendidik karena mempunyai target perubahan bathiniah yang dolalah menjadi hasanah, sedangkan mengajar semua orang bisa melaksanakannya.
  8. Ilmu pendidikan berarti suatu ilmu untuk menemukan metode, teknik, cara supaya tujuan dari yang diharapkan itu terwujud dan terlaksana.
  9. Usahakan dalam bergerak sosial kemasyarakatan harus mengedepankan ruhu jihad untuk membentengi rusaknya keikhlasan kita dalam beramal.
  10. Wajib hukumnya bagi kita selaku pendidik(yang berilmu, paham khususnya ilmu agama) untuk memberi pengetahuan kepada yang lain agar tidak terjerumus dalam kemaksiatan dan kehancuran.