TGL
PENYERAHAN RESUME :
NAMA : BADRUSSALAM MUCHTAR,
S.Pd.I
UTUSAN : MATHLA’UL ANWAR
MATA
KULIAH : MAKTABAH SYAMILAH
DOSEN : IRVAN ZARYAB AWALUDIN,
S.Th.I
JENIS
TUGAS : RESUME
TGL.
MATERI : 09 JUNI 2013
Dari Mata Kuliah Maktabah
Syamilahtugas yang harus dikerjakan adalah :
1. Ada berapa kata
a. Ada berapa kataموسى
b. Ada berapa kata قيامة dan القيامة
c. Ada berapa kata منافقون
dan المنافقون
menggunakan ( او)
d. Ada berapa kata
berurutan الانهار dan الجنة
e. Ada berapa kata
berurutanاسماعيل dan ابراهيم
2. Buat catatan (تعليق)didalam
kitab فتناوى الاسلامية masalah حكم الذبح للاموات
(hukum menyembelih hewan bagi orang yang meninggal)
Jawaban :
1. Jumlah Kata yang
didapat dari Maktabah Syamilah Dapat dilihat dari kolom dibawah ini :
NO
|
KATA
|
JUMLAH
|
KETERANGAN
|
a.
|
موسى
|
124
|
بمطابق
|
موسى
|
131
|
لا مطابق
|
|
b.
|
قيامة
|
لاتوجد نتائج
|
بمطابق
|
القيامة
|
70
|
بمطابق
|
|
قيامة
|
70
|
لا مطابق
|
|
القيامة
|
70
|
لا مطابق
|
|
c.
|
المنافقين/
منافقون
|
11
|
(باو) بمطابق
|
منافقون/ المنافقين
|
16
|
(باو) بمطابق
|
|
المنافقين/
منافقون
|
25
|
(باو) لا مطابق
|
|
25
|
(باو) لا مطابق
|
||
d.
|
الجنة /الانهار
|
1
|
مرتب بمطابق
|
الانهار/الجنة
|
2
|
مرتب بمطابق
|
|
الجنة /الانهار
|
1
|
مرتب لا مطابق
|
|
الانهار/الجنة
|
2
|
مرتب لا مطابق
|
|
e.
|
ابراهيم /اسماعيل
|
لاتوجد نتائج
|
مرتب بمطابق
|
اسماعيل /ابراهيم
|
لاتوجد نتائج
|
مرتب بمطابق
|
|
ابراهيم /اسماعيل
|
لاتوجد نتائج
|
مرتب لا مطابق
|
|
اسماعيل /ابراهيم
|
7
|
مرتب لا مطابق
|
2. Jawaban catatan (تعليق)didalam
kitab فتاوى اسلامية masalah حكم الذبح للاموات
(hukum menyembelih hewan bagi orang yang meninggal) ada sebagai berikut :
فتاوىإسلامية - (1 / 14)
ص 22 حكمالذبحللأموات
سالحمدللهوبعدفقداطلعتاللجنةالدائمةللبحوثالعلميةوالإفتاءعلىهذاالسؤالونصهإنبعضالناسفيبلادييعبدونغيراللهسبحانهوتعالى،ولهمعادةمتبعةوموروثةوهيأنكلإنسانيموتعندهميذبحونلهذبيحةمنالبقرأوخروفاًأوغيرذلكمنبهيمةالأنعام،ولهمطريقفيذلك
. وبعدذبحالذبيحةتوزّعلحومهاعلىبعضالمسلمينحولهم،وفيحالةتوزيعاللحومعليهميكونجوابهمرفضأخذهذهاللحوملأنهاحرام،وعندماسمعواجوابالمسلمينبرفضأخذاللحومقالوالهمخذواهذهالبقرةواذبحوهاعلىطريقتكموكلوامنهاليكونصدقةعلىهذاالميتالذييعبدغيراللهسبحانهوتعالى
.
فهليجوزلناأخذهذهالبقرةوذبحهاعلىالطريقةالإسلامية،وتوزيعلحومهاعلىالمسلمينأملايجوز؟وهليعتبرعملذلكمشاركةفيأفعالهم؟جزاكماللهخيراً
.
وأجابتبمايلي
عبادةغيراللهكالنذرأوالاستعانةبغيراللهمنالأمواتوالغائبينوالأشجارونحوذلكشرك،وقدأحسَنَمنرفضأخذلحومالأبقارالتيذبحهامنيعبدغيراللهلموتاهم،ولابأسبأخذمايدفعههؤلاءمنالبقرأوالأبقارالحيةليذبوحهاعلىالطريقةالإسلاميةغيرمتحيّرينلذبحهاوقتموتالميت،وليسفيذلكمشاركةلهمفيبدعتهم،وليسلهمأنيقصدوابذبحهاولابتوزيعهاالصدقةعلىالميت،إذاكانهذاالميتممنيعبدغيرالله
. فإنقصدواذبحهاوقتموتهأوالسيربجنازته،لميجزلمافيذلكمنالمشاركةلهمفيبدعتهم
.
وصلىاللهعلىنبينامحمدوآلهوصحبهوسلم
.
اللجنةالدائمة
* * *
Catatan (تعليق)
:
Bahwa ada adat
(orang non muslim) yang diikuti dari leluhur mereka (mewarisi) apabila ada yang
meninggal dan mereka mnyembelih hewan dari hewan ternak seperti sapi, kambing
jantan atau yang lainnya dan mereka menyembelih hewan itu dengan cara, metode
mereka (bukan dengan cara, metode syariat Islam) dan dagingnya dibagikan kepada orang muslim. Dari pembagian daging
ini (untuk orang yang meninggal non muslim) maka orang muslim menolak dan haram
dari menerima / memakan daging tersebut karena hewan yang disembelih tadi tidak
menggunakan cara dari syariat Islam dan diniatkan shadaqoh untuk orang yang
meninggal (non muslim).
Serta apakah boleh
dari hewan ini disembelih dengan syariat Islam dan dibagikan dagingnya kepada
orang muslim, dan apakah orang muslim dianggap bersekutu (menjadi bagian dari
mereka yang non muslim)
Maka Dapat diambil
jawaban Sebagai berikut :
a. Niat beribadah
selain kepada Allah SWT., atau meminta tolong selain kepada Allah dari orang
yang sudah meninggal, kepada makhluk ghaib, kepada pohon-pohon yang dianggap
memiliki kehebatan dan sebagainya maka itu semua adalah Musyrik.
b. Lebih
baikmenolak dari pembagian daging tersebut untuk shadaqoh orang yang meninggal dari golongan mereka(non
muslim)
c. Tetapi
boleh saja tidak apa-apa dengan mengambil hewan ternaknya yang
masih hidup untuk disembelih dengan cara syariat Islam dengan catatan
tidak memikirkan/meniatkan dalam penyembelihan tersebut untuk shadaqoh orang
yang meninggal (non muslim) dan kita tidak termasuk dari golongan mereka (non
muslim)
d. Apabila mengambil
hewan ternaknya yang masih hidup untuk disembelih dengan cara syariat Islam tetapi
diniatkan/memikirkan untuk shadaqoh orang yang meninggal (non muslim) maka
tidak boleh, karena itu bisa menjadikan kita dari golongan mereka
(non muslim)