SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (SESAMA MANUSIA)

Rabu, 19 Juni 2013

MAKTABAH SYAMILAH



TGL PENYERAHAN RESUME      :
NAMA                        : BADRUSSALAM MUCHTAR, S.Pd.I
UTUSAN                    : MATHLA’UL ANWAR
MATA KULIAH       : MAKTABAH SYAMILAH
DOSEN                      : IRVAN ZARYAB AWALUDIN, S.Th.I
JENIS TUGAS           : RESUME
TGL. MATERI           : 09 JUNI 2013          


Dari Mata Kuliah Maktabah Syamilahtugas yang harus dikerjakan adalah :
1.      Ada berapa  kata
a.       Ada berapa kataموسى
b.      Ada berapa kata  قيامة dan القيامة
c.       Ada berapa kata منافقون dan   المنافقون  menggunakan ( او)
d.      Ada berapa kata berurutan الانهار dan الجنة 
e.       Ada berapa kata berurutanاسماعيل  dan   ابراهيم
2.      Buat catatan (تعليق)didalam kitab فتناوى الاسلامية    masalah حكم الذبح للاموات (hukum menyembelih hewan bagi orang yang meninggal)
Jawaban :
1.      Jumlah Kata yang didapat dari Maktabah Syamilah Dapat dilihat dari kolom dibawah ini :
NO
KATA
JUMLAH
KETERANGAN
a.
موسى
124
بمطابق
موسى
131
لا مطابق
b.
قيامة
لاتوجد نتائج
بمطابق
القيامة
70
بمطابق
قيامة
70
لا مطابق
القيامة
70
لا مطابق
c.
المنافقين/ منافقون
11
(باو) بمطابق
منافقون/ المنافقين
16
(باو) بمطابق
المنافقين/ منافقون
25
(باو)  لا مطابق
منافقون/ المنافقين
25
(باو)   لا مطابق
d.
الجنة /الانهار
1
  مرتب بمطابق
الانهار/الجنة 
2
  مرتب بمطابق
الجنة /الانهار
1
  مرتب لا مطابق
الانهار/الجنة
2
  مرتب لا مطابق
e.
ابراهيم /اسماعيل
لاتوجد نتائج
  مرتب بمطابق
اسماعيل /ابراهيم
لاتوجد نتائج
  مرتب بمطابق
ابراهيم /اسماعيل
لاتوجد نتائج
  مرتب لا مطابق
اسماعيل /ابراهيم
7
  مرتب لا مطابق

2.      Jawaban catatan (تعليق)didalam kitab فتاوى اسلامية    masalah حكم الذبح للاموات (hukum menyembelih hewan bagi orang yang meninggal) ada sebagai berikut :

فتاوىإسلامية - (1 / 14)
ص 22 حكمالذبحللأموات
سالحمدللهوبعدفقداطلعتاللجنةالدائمةللبحوثالعلميةوالإفتاءعلىهذاالسؤالونصهإنبعضالناسفيبلادييعبدونغيراللهسبحانهوتعالى،ولهمعادةمتبعةوموروثةوهيأنكلإنسانيموتعندهميذبحونلهذبيحةمنالبقرأوخروفاًأوغيرذلكمنبهيمةالأنعام،ولهمطريقفيذلك . وبعدذبحالذبيحةتوزّعلحومهاعلىبعضالمسلمينحولهم،وفيحالةتوزيعاللحومعليهميكونجوابهمرفضأخذهذهاللحوملأنهاحرام،وعندماسمعواجوابالمسلمينبرفضأخذاللحومقالوالهمخذواهذهالبقرةواذبحوهاعلىطريقتكموكلوامنهاليكونصدقةعلىهذاالميتالذييعبدغيراللهسبحانهوتعالى .
فهليجوزلناأخذهذهالبقرةوذبحهاعلىالطريقةالإسلامية،وتوزيعلحومهاعلىالمسلمينأملايجوز؟وهليعتبرعملذلكمشاركةفيأفعالهم؟جزاكماللهخيراً .
وأجابتبمايلي
عبادةغيراللهكالنذرأوالاستعانةبغيراللهمنالأمواتوالغائبينوالأشجارونحوذلكشرك،وقدأحسَنَمنرفضأخذلحومالأبقارالتيذبحهامنيعبدغيراللهلموتاهم،ولابأسبأخذمايدفعههؤلاءمنالبقرأوالأبقارالحيةليذبوحهاعلىالطريقةالإسلاميةغيرمتحيّرينلذبحهاوقتموتالميت،وليسفيذلكمشاركةلهمفيبدعتهم،وليسلهمأنيقصدوابذبحهاولابتوزيعهاالصدقةعلىالميت،إذاكانهذاالميتممنيعبدغيرالله . فإنقصدواذبحهاوقتموتهأوالسيربجنازته،لميجزلمافيذلكمنالمشاركةلهمفيبدعتهم .
وصلىاللهعلىنبينامحمدوآلهوصحبهوسلم .
اللجنةالدائمة
* * *
Catatan (تعليق) :
Bahwa ada adat (orang non muslim) yang diikuti dari leluhur mereka (mewarisi) apabila ada yang meninggal dan mereka mnyembelih hewan dari hewan ternak seperti sapi, kambing jantan atau yang lainnya dan mereka menyembelih hewan itu dengan cara, metode mereka (bukan dengan cara, metode syariat Islam) dan dagingnya dibagikan  kepada orang muslim. Dari pembagian daging ini (untuk orang yang meninggal non muslim) maka orang muslim menolak dan haram dari menerima / memakan daging tersebut karena hewan yang disembelih tadi tidak menggunakan cara dari syariat Islam dan diniatkan shadaqoh untuk orang yang meninggal (non muslim).
Serta apakah boleh dari hewan ini disembelih dengan syariat Islam dan dibagikan dagingnya kepada orang muslim, dan apakah orang muslim dianggap bersekutu (menjadi bagian dari mereka yang non muslim)
Maka Dapat diambil jawaban Sebagai berikut :
a.       Niat beribadah selain kepada Allah SWT., atau meminta tolong selain kepada Allah dari orang yang sudah meninggal, kepada makhluk ghaib, kepada pohon-pohon yang dianggap memiliki kehebatan dan sebagainya maka itu semua adalah Musyrik.
b.      Lebih baikmenolak dari pembagian daging tersebut untuk shadaqoh orang  yang meninggal dari golongan mereka(non muslim)
c.       Tetapi boleh saja tidak apa-apa dengan mengambil hewan ternaknya yang masih hidup untuk disembelih dengan cara syariat Islam dengan catatan tidak memikirkan/meniatkan dalam penyembelihan tersebut untuk shadaqoh orang yang meninggal (non muslim) dan kita tidak termasuk dari golongan mereka (non muslim)
d.      Apabila mengambil hewan ternaknya yang masih hidup untuk disembelih dengan cara syariat Islam tetapi diniatkan/memikirkan untuk shadaqoh orang yang meninggal (non muslim) maka tidak boleh, karena itu bisa menjadikan kita dari golongan mereka (non muslim)